Comscore Tracker

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidah

Manis karamelnya bikin kamu lupa diri!

Berbeda dari puding pada umumnya, puding roti karamel panggang atau yang dikenal dengan caramel bread pudding sama sekali gak menggunakan agar-agar dalam proses pembuatannya. Selain itu, dessert manis yang telah dikenal di berbagai negara ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan oven.

Rasa karamel bercampur dengan aroma mentega yang wangi dan potongan roti lembut membuat puding roti karamel panggang sangat cocok buat kamu pencinta makanan manis. Bahan-bahan yang dibutuhkan gak begitu banyak, begitu pun dengan cara pembuatannya yang cukup gampang.

Buat kamu yang punya stok roti tawar, cobalah resep puding roti karamel panggang yang sudah pasti mudah dipraktikkan. Pencinta makanan manis jangan sampai skip, ya!

1. Bahan membuat puding roti karamel panggang

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidahilustrasi roti dan telur (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan-bahan:

  • 250 gram roti tawar
  • 50 gram kismis
  • 100 gram mentega
  • 200 gram gula pasir
  • 125 ml whipped cream cair
  • 500 ml susu cai
  • 5 butir telur
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk

2. Tata roti tawar dan kismis di dalam cetakan

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidahilustrasi membuat puding roti karamel panggang (instagram.com/dapur.mbokju)

Potong roti tawar sesuai selera, lalu letakkan di dalam wadah tahan panas, seperti pyrex, aluminium foil cup, atau mangkuk keramik. Kemudian, beri taburan kismis di atasnya. Aduk agar kismis bisa tercampur secara merata, lalu sisihkan.

Jika punya kacang kenari atau choco chip, kamu juga bisa menambahkan kedua bahan itu sebagai topping puding roti karamel panggang. Kacang kenari dan choco chip itu bisa menambah tekstur dan kenikmatan puding roti karamel panggang, lho.

3. Masak saus karamel hingga mengental

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidahilustrasi membuat karamel (instagram.com/thefunsizedfoodie)

Lelehkan gula pasir menggunakan panci berukuran sedang dengan api kecil hingga meleleh sempurna. Setelah meleleh sempurna, masukkan mentega, lalu aduk perlahan menggunakan whisk hingga meleleh.

Setelah itu, masukkan whipped cream cair sambil terus diaduk hingga seluruh bahan tercampur rata dan mengental. Tuangkan susu cair UHT, lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian, matikan kompor dan sisihkan hingga menghangat.

Berikutnya, kocok telur dan kayu manis di mangkuk berukuran sedang menggunakan whisk. Tuangkan karamel ke dalam mangkuk berisikan kocokan telur. Aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu saring untuk menghilangkan gumpalan.

Baca Juga: 5 Resep Puding Gula Merah, Manis dan Lembutnya Bikin Nagih

4. Tuang karamel di wadah berisi potongan roti, lalu panggang

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidahilustrasi memanggang puding roti karamel panggang (instagram.com/mirabelleyeoh)

Tuang campuran karamel ke dalam wadah berisi potongan roti tawar yang telah ditata bersama kismis. Tuang secara merata, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit agar potongan roti tawar bisa benar-benar menyerap campuran karamel yang telah dituangkan.

Setelah itu, panggang puding roti karamel menggunakan oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, keluarkan puding roti karamel dari oven, lalu sisihkan.

5. Puding roti karamel panggang siap disajikan!

Resep Puding Roti Karamel Panggang yang Lembut dan Lumer di Lidahilutrasi puding roti karamel panggang (instagram.com/ms.rinadedik)

Puding roti karamel panggang paling enak dinikmati selagi masih hangat atau setelah didinginkan di kulkas. Perpaduan rasa karamel yang manis dan roti yang lembut membuat puding roti karamel panggang cocok dijadikan sebagai dessert mewah berbagai acara.

Bagi yang gak begitu suka dengan rasanya yang terlalu manis, kamu bisa menambahkan jumlah takaran susu cair dan telur yang digunakan. Misalnya, 600 ml susu cair UHT berarti harus menggunakan 6 butir telur. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Puding Alpukat Oreo Cokelat, Kenyal dan Manis di Mulut!

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya