Comscore Tracker

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihan

Lauk yang serasi untuk teman nasi hangat

Ikan teri yang berukuran sangat kecil dibandingkan ikan asin dan ikan kering jenis lainnya memang paling cocok untuk diolah menjadi aneka sambal. Selain ukurannya yang kecil, ikan teri juga terbilang cukup murah dan cukup mudah untuk diolah. 

Gak membutuhkan banyak bahan, kamu sudah bisa membuat salah satu sambal teri yang saat ini cukup populer, yakni sambal teri cabai hijau. Dinikmati bersama nasi hangat sudah enak banget, lho.

Supaya kamu gak penasaran, cobalah membuat resep sambal teri cabai hijau yang pedas dan gurihnya bikin ketagihan berikut ini. Satu suapan saja bakal bikin kamu gak berhenti makan, deh!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi ikan teri (freepik.com/topntp26)

Bahan-bahan:

  • 100 gram ikan teri
  • 120 gram cabai besar hijau
  • 130 gram cabai rawit hijau
  • 1 buah tomat hijau
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 500 ml air panas
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

2. Rendam dan goreng ikan teri

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi menggoreng ikan teri (instagram.com/dapurkenda)

Cuci bersih ikan teri, lalu rendam selama 15 menit dengan air panas. Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa asin pada ikan teri dan ikan asin jenis apa pun.

Setelah itu, panaskan minyak goreng secukupnya menggunakan api sedang. Goreng ikan teri yang telah ditiriskan hingga kecokelatan. Kemudian, angkat dan tiriskan minyak goreng pada ikan teri.

3. Haluskan bahan yang telah direbus

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi menghaluskan bumbu sambal teri (instagram.com/dapurkenda)

Rebus cabai besar hijau, cabai rawit hijau, tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih. Rebus seluruh bahan hingga mendidih dan setengah matang selama kurang lebih 10 menit. Merebus cabai dan bawang yang akan digunakan dapat membuat sambal teri cabai hijau bertahan lebih lama, lho.

Setelah direbus, haluskan seluruh bahan menggunakan ulekan atau pun blender. Tingkat kehalusannya bisa disesuaikan dengan selera.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ikan Teri yang Rasanya Pulen dan Gurih Abis

4. Tumis bumbu halus bersama ikan teri

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi menumis bumbu dan ikan teri (instagram.com/dapurkenda)

Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan hingga matang. Kemudian, bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Terakhir, masukkan ikan teri yang telah digoreng. Aduk kembali hingga tercampur rata dan masak sebentar saja.

5. Sambal teri cabai hijau siap dinikmati

Resep Sambal Teri Cabai Hijau, Pedas dan Gurihnya Bikin Ketagihanilustrasi sambal teri cabai hijau (instagram.com/dapurkenda)

Untuk membuat sambal teri cabai hijau ini kamu bisa menggunakan ikan teri jenis apa pun, seperti ikan teri medan, ikan teri nasi, atau pun ikan teri jengki. Sambal teri cabai hijau paling enak dinikmati bersama nasi hangat dan kerupuk.

Apalagi jika dinikmati bersama lauk lainnya, seperti cumi asin, tempe, tahu, dan petai goreng. Pedas dan gurihnya dijamin sekali coba bakal langsung ketagihan. Gimana, tertarik untuk memasak sambal teri cabai hijau ini di rumah, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Inspirasi Makanan Berkuah dari Ikan Teri, Tertarik Coba?

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya