Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmat

Bisa juga jadi menu sarapan, lho!

Jagung gak hanya enak dibikin jadi perkedel jagung, tetapi juga sup krim dengan cita rasa creamy yang gurih. Apalagi di saat musim hujan, sup krim jagung cocok banget dijadikan menu sarapan sehat yang menghangatkan tubuh. 

Jika di rumah ada balita usia 9 bulan, sup krim jagung ini juga cocok dijadikan menu MPASI buat si kecil. Bikin sup krim jagung sebenarnya gak begitu sulit dan gak butuh banyak bahan.

Dengan resep berikut ini, kamu gak butuh waktu sampai 1 jam untuk menghasilkan sup krim jagung yang nikmat. Sudah pasti nikmat, berikut resep sup krim jagung buat ide MPASI yang bisa kamu coba di rumah.

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmatilustrasi jagung kuning (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 1 buah dada ayam
  • 2 bonggol jagung kuning, sisir
  • 2 buah wortel, potong dadu
  • 1/2 siung bawang bombai, potong-potong
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm mentega
  • 700 ml air
  • 500 ml susu cair
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt lada
  • 1/4 sdt pala

2. Rebus dada ayam bersama jagung dan wortel

Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmatilustrasi merebus dada ayam (youtube.com/Rasa Kitchin)

Tuang air ke dalam panci berukuran sedang, lalu rebus hingga mendidih. Jika sudah, masukkan dada ayam ke dalam air yang telah mendidih. Rebus dada ayam hingga matang selama kurang lebih 25 menit.

Setelah dada ayam matang, keluarkan dari panci, lalu potong dadu. Masukkan jagung kuning yang telah disisir ke dalam panci berisi kaldu rebusan dada ayam. Rebus selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, masukkan potongan wortel dan dada ayam. Rebus seluruhnya selama 10 menit hingga matang.

3. Tumis bawang bombai

Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmatilustrasi menumis bawang bombai (youtube.com/Rasa Kitchin)

Panaskan wajan menggunakan api sedang, lalu tumis potongan bawang bombai bersama mentega hingga wangi dan layu. Kemudian, tambahkan beberapa sendok tepung terigu dan aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan susu cair secara bertahap ke dalam tumisan bawang bombai sambil terus diaduk hingga tercampur rata dan mengental. Masukkan seluruh tumisan bawang bombai ke dalam panci rebusan dada ayam, jagung kuning, dan wortel, lalu aduk hingga tercampur rata.

Baca Juga: Mengenal Jagung Pulut, Jagung yang Bikin Kenyang Lebih Lama!

4. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan lada

Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmatilustrasi membumbui sup krim jagung (youtube.com/Rasa Kitchin)

Sebelum disajikan, bumbui sup krim jagung dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan lada. Biar makin nikmat dan gak bikin enek, tambahkan sedikit pala bubuk. 

Setelah itu, aduk-aduk hingga tercampur rata dan masak sebentar. Tambahkan keju cheddar biar rasanya makin creamy. Jangan lupa cek rasa sebelum dihidangkan, ya! 

5. Sup krim jagung siap disajikan! 

Resep Sup Krim Jagung, Menu MPASI yang Sudah Pasti Nikmatilustrasi sup krim jagung (freepik.com/Freepik)

Tuangkan sup krim jagung ke dalam mangkuk, lalu beri taburan bubuk parsley di atasnya. Sup krim jagung paling enak dinikmati selagi panas ataupun hangat bersama kentang goreng dan roti panggang saat sarapan. 

Cita rasanya yang creamy sekaligus gurih bikin siapa pun yang mencicipi pasti bakal suka. Biar makin praktis, kamu juga bisa mengganti dada ayam dengan smoke beef ataupun sosis. Gak perlu direbus, cukup tumis smoke beef atau sosis bersama bawang bombai hingga matang.

Gimana, gampang banget, kan? Kamu bisa membuat resep sup krim jagung ini di rumah sebagai menu MPASI anak atau sarapan, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Olahan Jagung Khas Alor yang Wajib Dicoba, Tahu Jagung Titi?

Tyara Motik Photo Verified Writer Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya