Comscore Tracker

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!

Kue pun akan bertekstur baik dengan cita rasa lezat

Membuat kue memang menjadi tantangan tersendiri karena prosesnya yang cukup berisiko gagal. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan kue gagal, salah satunya adalah adonan yang tidak kalis.

Namun, kadang kala cukup sulit membuat adonan yang kalis. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips agar adonan cepat kalis, berikut lima daftarnya. 

1. Siapkan wadah dengan ukuran yang lebih besar

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!wikihow.com

Sebelum proses pengolahan adonan, hal pertama yamh dapat kamu persiapkan adalah wadahnya. Namun, kamu juga harus ekstra selektif dalam memilih wadah. Pilihlah wadah berukuran lebih besar dari adonannya agar memudahkanmu dalam menguleninya. 

2. Menuang air sedikit demi sedikit

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!thekitchn.com

Pada saat proses pencampuran bahan, kamu dapat menuangkan air sedikit demi sedikit. Hindari pencampuran air sekaligus karena akan membuat adonan lembek. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga kalis.  

Baca Juga: 5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemula

3. Gunakan teknik mencuci baju

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!thespruceeats.com

Pada saat proses pengulenan, kamu dapat menggunakan teknik mencuci baju. Caranya adalah dengan menarik-narik adonan ke arah diri sendiri. Selanjutnya, kamu dapat mengulangi cara tersebut hingga adonan benar-benar kalis. 

4. Gunakan teknik menonjok-nonjok adonan

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!eatwell.co.nz

Teknik selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menonjok-nonjok adonan. Selain itu, kamu juga dapat sesekali membanting adonan. Nantinya adonan akan mudah kalis setelah dilakukan teknik seperti itu. 

5. Diamkan hingga proses fermentasi selesai

5 Tips Agar Adonan Cepat Kalis, Enggak Sulit Dipraktikkan Kok!thespruceeats.com

Jika kamu telah selesai mengolah adonan hingga kalis, maka kamu dapat mendiamkannya selama beberapa waktu hingga akhirnya proses fermentasi selesai. Kamu dapat mendiamkannya beberapa saat dengan meletakan plastik atau kain di atas adonan. Nantinya adonan akan segera siap untuk diolah.

Nah, tips di atas semoga dapat membantumu untuk memperoleh adonan yang kalis dan bertekstur baik. Sangat mudah dilakukan, bukan? 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Agar Kue Tak Sulit Dikeluarkan dari Loyang, Anti Lengket

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya