Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! 

Gak perlu khawatir lagi ada ulat yang menempel

Mengonsumsi sayuran memang menjadi pilihan bagi banyak orang ketika memasak sesuatu. Namun, sering kali banyak orang yang tak sabar saat membersihkan sayuran sehingga menyisakan kotoran atau bahkan ulat pada sayuran. Lalu, bagaimana cara yang tepat dan ampuh untuk membersihkannya? 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tipsnya, berikut lima daftarnya. 

1. Mencucinya di bawah air mengalir 

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! gardeningknowhow.com

Cara yang satu ini sangat direkomendasikan ketika kamu membersihkan bahan makanan, tak hanya sayuran saja. Air mengalir akan membuat kotoran atau bahkan ulat mudah untuk terlepas. Tentunya dengan begitu, maka sayuranmu akan terjamin kebersihannya. 

2. Jangan lewatkan sela-sela sayuran

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! m.timesofindia.com

Banyak orang yang tak sabar ketika membersihkan sayuran sehingga cenderung terburu-buru atau bahkan tak memerhatikan kebersihannya secara maksimal. Hal ini kemudian membuat banyak sela-sela dari sayuran yang luput dari pembersihan. Padahal, siapa tahu saja celah tersebut justru menyimpan kotoran atau bahkan ulat. 

Baca Juga: 5 Resep dan Cara Membuat Sayur Sop Bening yang Gurih

3. Merendam dengan cuka 

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! thekitchn.com

Cuka memang telah lama dikenal mampu membersihkan sayuran dari kotoran atau ulat di dalamnya. Namun, efeknya justru dapat meninggalkan aroma tak sedap. Namun, kamu dapat mencuci bersih sayuran di bawah air mengalir setelah proses perendaman. Bahkan, cara ini dinilai juga ampuh menghilangkan residu-residu dari pestisida. 

4. Menggunakan baking soda 

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! today.com

Baking soda juga dikenal sangat ampuh dalam membersihkan sayuran bahkan hingga ke lapisan yang jarang dijangkau. Oleh sebab itu, kamu dapat memanfatakannya dengan cara menggunakan baking soda sebagai bahan pencampur dalam rendaman. Cukup diamkan beberapa menit dan bilas kembali dengan air mengalir. 

5. Rendam dengan air garam

5 Tips Membersihkan Sayuran dari Ulat, Lebih Sehat dan Bersih! goodnet.org

Cara yang satu ini banyak dinilai sangat praktis dan mudah dilakukan. Alasannya adalah karena semua orang pasti memiliki garam di rumah. Campuran air garam sebagai rendaman dapat secara ampuh membersihkan kotoran khususnya ulat pada sayuran. 

Nah, itulah beberapa tips ampuh menghilangkan kotoran, residu, atau bahkan ulat pada sayuran. Silahkan mencoba di rumah! 

Baca Juga: Resep Masakan Sayur Godog Khas Betawi, Begini Cara Membuatnya 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya