Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!

Tampilan kue pun semakin cantik layaknya di toko kue

Berbicara mengenai dekorasi kue, salah satu bahan yang digunakan adalah fondant. Fondant merupakan sejenis icing dekoratif yang menjadi pelengkap dekor pada kue. Fungsinya sebagai penghias memang sangat mudah digunakan sehingga dapat melapisi kue dengan mudah.

Namun, cukup sulit menggunakan fondant bila tak biasa. Bila kamu yang penasaran bagaimana tips menggunakan fondant, berikut lima tipsnya.

1. Membeli fondant berkualitas

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!biggerbolderbaking.com

Fondant dapat kamu beli di beberapa toko khusus bahan kue atau bahkan dapat kamu buat sendiri. Bila kamu tertarik untuk membeli saka, pastikan fondant yang digunakan berkualitas. Sementara, bila kamu tertarik untuk membuat sendiri di rumah, maka kamu dapat mempersiapkan bahan-bahan yang berkualitas sebelum mengikuti resepnya.

2. Memastikan kue telah rata tanpa lubang

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!chowhound.com

Fondant yang merupakan sebuah lapisan sudah tentu akan mengikuti bentuk dari kue yang digunakan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kue yang kamu akan dekor tidak memiliki lubang apapun karena akan memengaruhi kerataan fondant yang digunakan. Kamu dapat mengisi lubang tersebut dengan fondant yang berukuran kecil atau dengan bahan lainnya.

Baca Juga: Resep Butter Cookies ala Monde, Kue Lebaran Legendaris yang Mantul!

3. Uleni fondant sesuai dengan selera

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!bestrecipes.com.au

Sebelum menggunakan fondant atau melapisi kue dengan fondant, kamu dapat menguleninya terlebih dahulu. Proses pengulenan fondant dimaksudkan agar kamu dapat menentukan panjang dan lebar dari kue yang akan didekor. Pastikan bahwa fondant tidak terlalu tebal ataupun tidak terlalu tipis agar hasilnya maksimal.

4. Menepuk fondant saat digunakan

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!biggerbolderbaking.com

Ketika menggunakan fondant untuk melapisi kue, kamu dapat menepuknya secara perlahan di setiap sisi yang baru saja dilapisi. Fungsinya adalah agar hasilnya rata dan tidak ada ruang-ruang yang terlipat. Selain itu, fungsi ini juga dimaksudkan agar hasilnya dapat lebih rapi.

5. Potong fondant sesuatu cetakan bila perlu

5 Tips Menggunakan Fondant untuk Menghias Kue, Susah-susah Gampang!thespruceeats.com

Terrkadang banyak orang yang ingin mengkreasikan fondant mereka dengan aneka bentuk berbeda menggunakan cetakan. Hal ini bisa saja kamu lakukan agar hasil dekorasi kue lebih maksimal. Pastikan bahwa kamu telah menentukan ukuran daru fondant yang akan digunakan untuk dekorasi kue.

Nah, itulah beberapa tips dalam mengenakan fondant untuk dekorasi kue. Sulit atau mudah menurutmu?

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Sehat dengan Bahan Dasar Kacang Merah, Nikmat Banget!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya