Comscore Tracker

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!

Selama takarannya tepat, makanan bisa lezat tanpa rasa asin

Memasak memang menjadi satu hal yang sangat menarik sekaligus berisiko. Apa yang membuatnya berisiko? Takaran resep yang digunakan sangat berisiko sebab salah sedikit justru akan membuat masakanmu gagal.

Salah satu kegagalan dalam memasak adalah cita rasa yang terlalu asin. Bila hal itu terjadi, lalu bagaimana mengakalinya?

1. Menambahkan air

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!YouTube/America's Test Kitchen

Siapa yang masih menggunakan cara yang satu ini bila masakan terlampau asin? Hal ini memang sangat umum digunakan karena praktis dan mudah.

Namun, sayangnya hanya jenis makanan yang ditumis atau sup saja yang dapat menggunakan cara ini. Koreksi cita rasa masakan sambil terus ditambahkan takarannya.

2. Beri sedikit tambahan gula

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!mountainfeed.com

Gula juga dinilai dapat menetralisir cita rasa asin yang berlebihan. Kamu dapat menambahkan gula ke dalam masakan dengan catatan harus tahu berapa takarannya.

Jika kamu terlalu banyak memasukan gula, cita rasa masakanmu justru akan aneh karena terlalu banyak garam dan gula, itu akan merusak semuanya.

3. Tuangkan susu dan santan

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!cookingwithdog.com

Jika masih ada sisa susu atau santan di rumah, maka dapat kamu maksimalkan fungsinya untuk mengurangi cita rasa asin yang berlebih. Kedua bahan ini tak hanya dapat menyerah rasa asin yang berlebih, namun juga dapat memberikan sensasi rasa creamy pada masakan. Sudah tentu olahanmu jadi lebih lezat maksimal.

Baca Juga: 5 Bahan Pengganti Kecap Asin pada Masakan, Bikin Lezat!

4. Memasukkan potongan kentang

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!cookingwithdog.com

Konon kentang disebut-sebut memiliki kemampuan untuk menyerap rasa asin berlebih pada masakan. Tentunya kamu dapat menggunakannya untuk mengurangi kadar garam berlebih pada masakanmu. Tunggu saja sampai kentang biasanya berubah warna, itu tandanya ia telah berhasil menyerap garam berlebih.

5. Mencuci makanan

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!seriouseats.com

Cara selanjutnya adalah mencuci makanan. Betul, memang kamu tak salah baca. Namun cara ini dinilai dapat menetralisir rasa asin berlebih. Kamu hanya dapat melakukannya pada jenis masakan yang digoreng. Namun, disarankan untukmu menggorengnya kembali agar lebih renyah.

6. Menambahkan keju mozarella

6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!dashofsavory.com

Siapa yang tak kenal jenis bahan makanan yang satu ini? Keju mozzarella memiliki cita rasa yang gurih dan creamy. Hal ini dirasa sangat tepat untuk mengurangi kadar garam berlebih pada masakan. Kamu dapat menambahkannya sebagai alternatif topping.

Nah, itulah beberapa tips untuk mensiasati cita rasa asin berlebih pada makanan. Tentunya sangat mudah dilakukan, bukan? Mana pilihanmu?

Baca Juga: 5 Tips Agar Aroma dan Cita Rasa Rempah Lebih Keluar pada Masakan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya