Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!

Asal caranya tepat, kentang kupas bisa tetap tampak segar

Kentang merupakan bahan makanan yang dapat menggantikan sumber karbohidrat. Kentang biasanya akan dikupas terlebih dahulu sebelum diolah kemudian.

Namun, kentang yang sudah dikupas biasanya akan mudah menghitam bila dibiarkan terlalu lama. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara yang tepat untuk menyimpannya.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan kentang agar tak kehitaman, berikut lima daftarnya.

1. Rendam dengan air lemon

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!goodhousekeeping.com

Air lemon memang di kenal memiliki sifat asam yang dapat bermanfaat untuk mencegah noda hitam pada kentang yang telah dikupas. Oleh sebab itu, kamu dapat mencegah kentangmu berubah kehitaman dengan cara merendamnya di dalam air lemon.

Caranya cukup hanya dengan mencampurkan lemon dan air. Namun, cara ini juga akan membuat kentang kupasmu bercita rasa asam. Oleh sebab itu, kamu harus tahu takaran untuk air lemon dan kentang.

2. Merebus di dalam air mendidih

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!tipbuzz.com

Teknik perebusan juga dapat kamu lakukan untuk meminimalisir kemungkinan kentang akan menghitam. Caranya cukup hanya dengan merebus kentang yang belum dikupas selama kurang lebih 1-2 menit.

Cara ini akan ampuh untuk menghentikan proses pematangan pada kentang. Kamu dapat mengupasnya tanpa takut kentang akan berubah kehitaman. 

Baca Juga: Cara Membuat Kentang Goreng Kekinian Citos Mini, Renyah dan Gurih

3. Merendam dengan air garam dan kapur sirih

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!beautyepic.com

Teknik selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kentang berubah kehitaman adalah dengan merendamnya di dalam campuran air garam dan kapur sirih.

Air yang ditakarkan adalah sebanyak 1 liter, sementara tambahannya adalah dua sendok garam dan satu sendok kapur sirih. Kamu dapat merendamnya selama kurang lebih satu jam. 

4. Merendam dengan air dingin

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!tipbuzz.com

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara merendamnya di dalam air dingin. Kamu dapat meletakan kentang pada wadah dan masukan air dingin atau pun batu es di dalamnya. Cara ini tak hanya membuat kentang dapat segar hingga enam jam lamanya, namun juga dapat memberikan tekstur yang renyah. 

5. Mencucinya di bawah air mengalir

5 Tips Menyimpan Kentang Kupas agar Tak Mudah Menghitam, Catat Ya!Youtube/Idaho Potatoes

Cara paling praktis yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencucinya di bawah air mengalir. Teknik ini mampu melarutkan zat-zat seperti zat tepung yang akan membuat kentang mudah kehitaman. Selain itu, cara ini juga dianggap mudah dan praktis untuk dilakukan. 

Nah, beberapa tips menghilangkan warna kehitaman dari kentang tersebut dapat menjadi referensi untukmu lakukan di rumah. Sangat mudah dilakukan, bukan? 

Baca Juga: 5 Kandungan Kentang yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya