Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!

Loyang kue pun tampak seperti baru lagi, deh

Loyang merupakan barang terpenting untuk membuat kue. Hal ini karena memang loyang juga dikenal sebagai cetakan agar hasil dari kue nantinya tetap bagus dan tak rusak. Oleh sebab itu, proses perawatan dan pembersihan kue pun juga harus maksimal agar nantinya tak ada noda yang menempel.

Ada berbagai jenis cetakan, dari yang silikon hingga yang logam. Lalu, kira-kira apa saja tips membersihkan loyang berbahan logam? Yuk simak. 

1. Rendam loyang sebelum dicuci

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!theperfectloaf.com

Pada saat proses pembersihan, kamu dapat merendam loyang terlebih dahulu di dalam air panas. Namun, pastikan bahwa bahan dari loyang tersebut tak mudah meleleh apabila terkena air panas.

Diamkan loyang di dalam air panas selama beberapa saat sebelum akhirnya dapat kamu cuci dengan menggunakan sabun cuci piring. 

2. Gunakan baking soda

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!seriouseats.com

Apabila dirasa masih terdapat noda membandel pada loyang, maka kamu dapat menggosoknya dengan menaburkan baking powder. Nantinya kamu hanya perlu campurkan dengan air dan gosok lah hingga nodanya hilang. Selanjutnya, kamu dapat membilasnya atau mencuci kembali dengan menggunakan sabun cuci piring. 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Agar Kue Tak Sulit Dikeluarkan dari Loyang, Anti Lengket

3. Gunakan spons berbahan besi

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!rayvenmaille.com

Apabila menggunakan spons biasa dinilai kurang efektif, maka kamu dapat coba beralih dengan menggunakan spons berbahan besi. Hal ini karena spons berbahan besi jauh lebih kuat untuk menghilangkan noda membandel. Gosoklah hingga tak ada lagi noda yang menempel. Namun, pastikan bahwa apabila terdapat goresan, maka tak akan memengaruhi adonan kue nantinya. 

4. Gunakan lemon untuk membuatnya lebih harum

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!thespruce.com

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggosokan bagian loyang dengan menggunakan irisan lemon atau jeruk nipis. Cara ini dapat dilakukan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada loyang. Tentunya dengan begitu maka tak akan memengaruhi aroma adonan yang ada. 

5. Rutin mengolesi loyang dengan minyak

5 Tips Membersihkan Loyang Kue Berbahan Logam, Mudah dan Efektif!olivethis.com

Loyang berbahan logam memang sangatlah mudah untuk berdebu ataupun berkarat. Oleh sebab itu, maka kamu dapat mengolesi loyang dengan menggunakan minyak. Pengolesan minyak dimaksudkan agar nantinya tak berkarat dan tak berdebu. Jangan lupa untuk menutupi loyang dengan plastik saat menyimpannya. 

Aneka tips di atas tentunya akan membantumu dalam menjaga loyang berbahan logam agar tetap awet dan tidak berkarat. Sangat mudah dilakukan, bukan? 

Baca Juga: 7 Kue Loyang yang Bisa Jadi Santapan Buka Puasa untuk Keluarga Besar

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya