Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!

Gak ada lagi bau amis dan tekstur alot, deh

Cumi-cumi merupakan salah satu makhluk laut yang eksistensinya cukup diburu oleh manusia. Ada beragam jenis makanan yang dapat diolah dengan menggunakan cumi-cumi sebagai bahannya.

Di balik itu, mengolah cumi-cumi tidaklah mudah sebab aromanya yang amis dan teksturnya yang sangat kenyal membuat proses pengolahannya sulit. Kira-kira apa saja tips mengolah cumi-cumi yang tepat? Yuk simak.

1. Pastikan memilih cumi-cumi yang masih segar

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!conwayfish.com.au

Untuk memperoleh hasil masakan yang maksimal, sudah tentu kamu harus memilih jenis cumi-cumi yang masih segar pula. Pemilihan cumi-cumi yang segar dapat dilihat dari warna mata yang masih jernih, teksturnya yang masih padat, dan aromanya yang segar khas laut. Tentunya dengan begitu, maka pengolahan makanan berbahan cumi-cumi pun bisa lezat maksimal.

2. Segera olah cumi-cumi sesaat setelah dibeli

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!greatbritishchefs.com

Apabila kamu baru saja membeli cumi-cumi, maka segeralah langsung diolah. Jangan menyimpan cumi-cumi terlalu lama atau menunda proses pengolahannya. Hal ini justru hanya akan membuat cumi-cumi berubah aromanya menjadi amis dan tak segar lagi.

Baca Juga: 6 Jenis Potongan pada Cumi-cumi, Mana yang Paling Sering Kamu Pakai?

3. Bersihkan dari kotoran dan cuci di bawah air mengalir

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!blog.aldentekitchen.com

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan proses pembersihan pada cumi-cumi. Bersihkan kotoran yang terdapat pada cumi-cumi, maupun tulang lunak di dalamnya. Setelah itu cucilah cumi-cumi di bawah air mengalir hingga aroma amisnya sedikit berkurang.

4. Marinasi cumi-cumi dengan lemon dan jahe

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!thespruceeats.com

Dalam memasak, lemon dan jahe banyak dipilih sebagai jenis bahan-bahan untuk menghilangkan aroma amis khususnya pada olahan laut. Hal ini kemudian dapat diaplikasikan pada cumi-cumi dengan menjadikannya sebagai bahan untuk marinasi. Cara ini akan membantu mengisi aroma amis pada cumi-cumi.

5. Rebus cumi-cumi sesaat

5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!whatsinthepan.com

Selain untuk menghilangkan aroma amisnya, kadang kala tekstur cumi-cumi juga banyak menjadi persoalan. Oleh sebab itu, kamu dapat mengakalinya dengan cara merebus cumi-cumi selama kurang lebih 3-5 menit sebelum mengangkatnya agar teksturnya lebih lembut.

Nah, aneka tips mengolah cumi-cumi di aras semoga dapat memberikan informasi menarik untukmu. Mudah dilakukan, bukan?

Baca Juga: 5 Menu Olahan Berwarna Hitam dari Tinta Cumi-cumi, Tertarik Cicipi?

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya