Comscore Tracker

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!

Daging pun jadi aman dari aroma amis lagi, deh

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja konsumsi olahan daging-dagingan merupakan hal yang biasa dan umum adanya. Dari mulai ikan, ayam, bahkan hingga sapi menjadi beberapa jenis daging yang rutin dikonsumsi sehari-hari.

Namun, kadang kala permasalahan utama dalam mengolah daging adalah aroma amisnya yang mengganggu. Oleh sebab itu, kamu memerlukan bahan yang tepat untuk mengusir aroma amis pada daging yang akan diolah.

Untuk kamu yang penasaran bahan alami apa saja yang dapat menjadi penghilang amis pada daging, berikut lima daftarnya! 

1. Nanas

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!snaped.fns.usda.gov

Salah satu buah bercita rasa segar ini memang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik. Tak hanya bagus bila dikonsumsi langsung, ternyata nanas juga dapat menjadi bahan alami dalam menghilangkan aroma amis pada daging yang akan dikonsumsi.

Cukup hanya dengan menghaluskan nanas dan merendam daging di dalamnya selama kurang lebih 15 menit, maka aroma amis pun dapat lenyap seketika. 

2. Jahe

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!thespruceeats.com

Senada dengan nanas, kamu juga dapat menggunakan hasil parutan jahe untuk menjadi bahan rendaman pada daging olahanmu. Aroma dan cita rasa dari jahe yang kuat dapat membantu dalam menghilangkan aroma amis yang ada pada daging.

Tidak perlu lama-lama, sebab kamu hanya perlu merendam daging pada parutan air jahe selama kurang lebih 15 menit saja. 

Baca Juga: 5 Tips Marinasi Daging Sapi Agar Bumbu Meresap Sempurna & Daging Empuk

3. Jeruk nipis

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!thespruceeats.com

Jeruk nipis merupakan bahan yang sangat erat kaitannya dengan olahan seafood dan daging-dagingan. Cita rasa dan aroma jeruk nipis yang segar membuatnya sangat umum dikonsumsi sebagai bahan pelengkap bagi berbagai menu-menu. Salah satunya adalah fungsi utama jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis pada daging yang akan diolah.

Cukup baluri daging dengan perasa jeruk selama beberapa saat, maka aroma amis pun akan hilang. 

4. Cuka

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!rd.com

Jika kamu kesulitan dalam mencari bahan-bahan untuk menghilangkan aroma amis, maka kamu dapat menggunakan cuka sebagai salah satu pilihan terbaiknya.

Cuka yang mudah ditemukan ini dapat dimanfaatkan secara baik untuk menghilangkan aroma amis. Hanya dengan merendam daging dengan cuka saja selama 10 menit, maka daging pun bebas dari aroma amis. 

5. Tepung terigu 

5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Aroma Amis pada Daging, Catat Ya!thespruceeats.com

Mungkin kamu masih sedikit asing mendengarnya, namun ternyata tepung terigu sangat ampuh dalam menghilangkan bau amis pada ikan, lho. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencuci ikan hingga bersih dan membalurinya dengan tepung. Setelah itu, bersihkan ikan dan baluri kembali hingga beberapa kali sampai aroma amisnya dapat hilang sempurna.

Nah, beberapa bahan di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu yang akan mengolah daging atau olahan laut agar terbebas dari amis. Mana bahan yang paling sering kamu gunakan? 

Baca Juga: 5 Stok Bumbu yang Wajib Disimpan Selama Ramadan, Masak Anti Ribet

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya