Comscore Tracker

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!

Beras pun bebas dari serangan kutu

Menyimpan makanan untuk urusan dapur memang membutuhkan trik yang tepat karena satu dan lain hal. Salah satunya adalah beras sebagai makanan pokok yang rutin dikonsumsi.

Namun, persoalan seakan muncul bila mana kamu salah dalam menyimpan beras dengan baik sehingga kutu pun dapat dengan mudah hinggap dan menjadikan beras sebagai tempat tinggalnya.

Untuk kamu yang sedang ingin memecahkan persoalan seperti itu, berikut lima bahan dapur yang akan membantumu dalam mengusir kutu-kutu nakal yang ada di dalam beras.

1. Kayu manis

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!besthealthmag.ca

Kamu tak membutuhkan bahan rumit untuk mengusir kutu yang ada di beras. Sebaliknya, cukup hanya dengan menggunakan bahan dapur seperti kayu manus maka berasmu akan aman terkendali.

Kamu hanya perlu meletakan kayu manis pada wadah beras dan biarkan saja. Aroma kuat dan khas dari kayu manis akan membantumu dalam mengusir kutu yang membandel pada beras.

2. Daun jeruk purut

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!spiceography.com

Jika di dekat rumahmu ada pohon jeruk purut, jangan buru-buru mencari cara atau bahan lain untuk mengusir kutu. Sebaliknya, cukup ambil beberapa helai daun jeruk purut dan tumbuk lah sekitar 50 gram. Hasil tumbuhan dari daun jeruk purut dapat kamu letakkan pada wadah beras. Aromanya yang sangat kuat dapat mengusir kutu dari beras.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kutu Beras, Bisa Bertelur 150 Butir per Bulan!

3. Daun asam jawa

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!thefitglobal.com

Tak dapat dipungkiri bahwa tumbuhan seperti asam jawa memang memiliki berbagai khasiat yang baik. Tak terkecuali dengan daun dari tumbuhan yang satu ini.

Daun asam jawa dapat kamu manfaatkan untuk mengusir kutu dengan mudah. Cukup hanya dengan menggunakan 2-3 helai daun saja dan keringkan. Hasil daun yang kering tersebut dapat langsung kamu letakkan pada wadah beras.

4. Biji lada

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!seriouseats.com

Bahan yang satu ini sangat mudah kamu temui sebab biasanya selalu tersedia di dapur. Biji lada yang biasanya digunakan sebagai rempah untuk memasak dapat kamu manfaatkan untuk mengusir kutu.

Cukup dengan menggunakan biji lada kering saja dan letakkan pada wadah beras, maka kutu-kutu pun dijamin akan kabur.

5. Daun belimbing wuluh

5 Bahan Dapur yang Dapat Digunakan untuk Mengusir Kutu Beras, Mudah!blogs.ifas.ufl.edu

Dedaunan memang sangat berkhasiat untuk mengusir kutu pada beras, salah satunya daun dari pohon belimbing wuluh. Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, daun dari tumbuhan ini juga dapat digunakan untuk mengusir kutu beras. Cukup keringkan 2-3 tangkai dari daun belimbing wuluh dan letakkan pada wadah beras secara rapat.

Nah, beberapa bahan dapur di atas dapat kamu gunakan dengan mudah untuk mengusir kutu pada beras dengan efektif dan mudah. Kutu pun jadi gak betah!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dibuang Jauh-jauh dari Dapur, Jadi Lebih Bersih!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya