Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea Selatan

Pernah coba makanan ini sebelumnya gak? 

Jika berbicara mengenai olahan khas Korea Selatan, mungkin sebagian besar dari para penggemar drama Korea sudah cukup familiar dengan sup rumput laut atau yang memiliki nama sebutan miyeok guk di negeri aslinya.

Sup ini memang cukup terkenal dan sudah menjadi bagian dari budaya setempat sehingga tak heran bila banyak orang Korea yang mengonsumsinya tidak hanya sebagai makanan, namun juga sebagai tradisi. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar miyeok guk yang biasa kamu jumpai di drama Korea, berikut lima fakta menariknya!

1. Asal nama miyeok guk

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea Selatanmaangchi.com

Seperti olahan pada umumnya, miyeok guk juga memiliki makna tersendiri lho. Kata miyeok berarti rumput laut, sedangkan guk yang bermakna sup sehingga apabila kedua kata tersebut disambungkan maka akan menjadi sup rumput laut. Hal ini tentu saja karena penggunaan utama dari rumput laut sebagai bahan yang digunakan dalam pembuatan sup lezat ini. 

2. Penyajian miyeok guk

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea SelatanYouTube.com/꿀키honeykki

Miyeok guk sendiri ternyata diolah dengan menggunakan rumput laut kering yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu hingga lunak. Selanjutnya, rumput laut yang telah lunak tersebut dapat kemudian dicampurkan dengan kaldu sapi hingga meresap dan terasa lezat.

Kamu pun dapat mencampur miyeok guk dengan minyak wijen, kecap, atau menghidangkannya bersama hidangan lainnya saat makan. 

Baca Juga: Resep Sup Krim Jamur ala Yummy, Gak Kalah Enak Sama yang di Restoran

3. Salah satu olahan pendamping selain kimchi dengan cita rasa yang lebih ramah

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea Selatanbehgopa.com

Bagi wisatawan asing mungkin mencicipi kimchi merupakan tantangan tersendiri ketika berkunjung ke Korea, namun tidak demikian bila mencoba miyeok guk.

Sup rumput laut khas Korea ini juga menjadi salah satu olahan pendamping layaknya kimchi pada setiap jamuan makan. Namun yang membedakannya adalah cita rasa khas Korea yang jauh lebih familiar serta terasa ramah bagi para wisatawan asing.

Tentunya dengan begitu kita akan dapat menikmati miyeok guk dengan lezat dan menggugah selera.

4. Cocok untuk musim dingin

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea Selataneverybunnyeats.com

Sebagai negara yang memiliki empat musim, tak heran bila rasanya rata-rata warga lokal Korea menyukai miyeok guk untuk disantap bersama keluarga. Hal ini tentu saja karena cita rasanya yang lezat dan menghangatkan khususnya saat musim dingin tiba.

Selain itu, campuran dari rumput laut akan memberikan manfaat sehat kepada yang mengonsumsinya. 

5. Sup yang sering disajikan saat ulang tahun

5 Fakta Menarik tentang Miyeok Guk, Sup Rumput Laut dari Korea Selatanasianinspirations.com.au

Di Korea Selatan ternyata terdapat salah satu tradisi unik yang mengharuskan setiap orang yang berulang tahun untuk mencicipi sup rumput laut sebagai bukti cinta dan terima kasih kepada ibu yang telah mengandung selama 9 bulan. Hal ini juga karena selama 9 bulan tersebut, ibu terus mengonsumsi sup rumput laut untuk mendapatkan manfaat bagi dirinya maupun sang bayi. 

Nah, 5 fakta menarik seputar miyeok guk di atas dapat menjadi informasi menarik bagi kamu agar semakin mengenal jenis makanan yang satu ini. Tertarik mencicipinya? 

Baca Juga: 5 Dessert Manis Khas Korea Selatan, Bikin Hati Jadi Semakin Adem

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You