Comscore Tracker

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah Tangga

Bisa lebih hemat sekaligus sehat

Bagi para ibu rumah tangga tentu persiapan seputar kebutuhan pangan di rumah menjadi sesuatu yang cukup penting untuk dipersiapkan, ya. Biasanya rata-rata para ibu rumah tangga akan menyiapkan makanan secara spontan tergantung kepada selera makan pada hari itu, bahan-bahan apa yang masih tersedia, atau justru terkadang terlalu malas dalam memasak dan membeli di luar.

Padahal, bila dapat memaksimalkan metode meal prep ini justru akan membantu dalam pengelolaan keuangan makan di rumah, lho. 

Untuk kamu yang ingin lebih berhemat dalam urusan dapur, namun juga dapat memperoleh makanan yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi sekeluarga, berikut beberapa tips tentang meal prep yang wajib kamu tahu. 

1. Diskusikan daftar makanan untuk seminggu ke depan

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah TanggaUnsplash/Edgar Castrejon

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam metode ini adalah dengan menentukan daftar makanan apa saja yang sekiranya akan diolah untuk satu minggu ke depan. Kamu dapat melibatkan anggota keluarga lainnya untuk berdiskusi mengenai makanan yang akan dipilih.

Pastikan bahwa makanan-makanan tersebut tidak monoton dan yang terpenting adalah memiliki gizi seimbang. Tetap prioritaskan kandungan nutrisi pada makanan agar metode ini dapat tercapai manfaatnya. 

2. Persiapkan bahan-bahan makanan untuk seminggu ke depan secara matang

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah TanggaUnsplash/Anna Kaminova

Poin yang satu ini merupakan salah satu yang cukup krusial karena akan melibatkan strategi dalam pembelian bahan-bahan. Pastikan bahwa kamu telah menemukan lokasi tempat pembelian yang memiliki harga terjangkau dan tidak sulit untuk ditemukan.

Jangan membeli bahan-bahan secara berlebihan. Kamu dapat memperhitungkan berapa banyak sekiranya bahan-bahan yang kamu butuhkan. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Channel Kuliner Asal Indonesia untuk yang Suka Masak!

3. Pengolahan makanan pun dimulai

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah Tanggavancouvermusclemeals.com

Tentunya kita akan lebih percaya mengenai kebersihan dan kualitas dari makanan bila kita yang memasaknya sendiri. Itulah mengapa kita menyebut makanan rumah sebagai olahan yang sehat bila dikonsumsi. Di sinilah proses pengolahan pun akan dimulai.

Pada umumnya kita mengenal dua jenis pengolahan makanan, yaitu matang sempurna dan setengah matang. Kamu dapat menyesuaikan proses pengolahan tersebut dengan bahan-bahan atau makanan yang akan diolah.

Jangan sampai menyepelekan urusan keamanan dan keselamatan dalam memasak, ya!

4. Pembagian porsi makanan yang tepat

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah Tanggatodaysparent.com

Memakan makanan yang sehat saja tidak cukup bila kamu tidak mengetahui porsi yang tepat untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, kamu dapat membagi porsi makanan dengan tepat sesuai kebutuhan masing-masing.

Bila kamu menggunakan lunch box, maka proses pemorsian pun akan lebih mudah. Kamu juga dapat menyusun makanan sesuai dengan jenis masing-masing. 

5. Penyimpanan makanan atau bahan makanan

5 Hal tentang Metode Meal Prep yang Bermanfaat bagi Ibu Rumah Tangganytimes.com

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan metode meal prep adalah dengan memperhatikan proses penyimpanan yang ada. Proses penyimpanan yang tepat akan membantu makananmu tetap awet sehingga hal ini wajib untuk kamu pahami.

Selain itu, suhu minimal penyimpanan dalam kulkas adalah 4 derajat celcius. Sementara di dalam freezer adalah sekitar < 0 derajat selsius. 

Nah, beberapa hal dari metode meal prep di atas dapat menjadi informasi menarik untuk kamu yang ingin menyiapkan sendiri di rumah. Tertarik mencoba metode ini? 

Baca Juga: 5 Tips Masak Nasi Kuning Gurih, Menu Sarapan Favoritmu!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya