Comscore Tracker

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! 

Bikin gak cukup nyicipin sekali

Siapa yang tidak mengenal buah unik yang satu ini? Mungkin kita akan sering menemukannya saat membeli rujak, karena memang kedondong menjadi buah utama dalam pembuatan olahan pedas tersebut. Buah yang berasal dari daerah tropis ini memiliki rasa asam segar khas kedondong yang semakin terasa mantap saat ditambahkan sesuatu yang pedas. Mungkin karena hal ini lah mayoritas penduduk Indonesia menyukai cita rasa buah unik ini.

Untuk kamu yang ingin mencicipi kedondong sengan sensasi rasa yang berbeda, 5 olahan ini bisa menjadi referensi bagi kamu kalau kedondong tidak hanya dapat diolah menjadi rujak lho. Simak yuk apa saja!

1. Kedondong juice

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! my.openrice.com

Kata siapa kedondong cuma bisa dimakan? Buktinya kedondong juga bisa dibuat jus lho, gak kalah dengan buah-buah populer seperti melon, semangka, pepaya, dan lain-lain. Cara pengolahannya juga mudah, hanya dengan menghaluskan buah kedondong menggunakan blender kemudian menyaringnya sebelum siap disajikan. Buah unik ini memang memiliki cita rasa yang asam segar, oleh sebab itu kita juga dapat menambahkan pemanis alami untuk menambah rasa segar dalam jus ini. Pilihan lainnya adalah mencampurkan jus kedondong dengan buah lain seperti peach, melon, dan pepaya yang telah di blender. Rasanya sudah pasti akan lebih nikmat.

2. Setup kedondong

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! cookpad.com

Mungkin sedikit asing mendengar menu yang satu ini, setup kedondong sebenarnya merupakan menu yang mirip dengan manisan, hanya saja kita tidak harus menambahkan sesuatu untuk penambah rasa pedas dalam menu ini. Setup kedondong dibuat dengan cara mengupas kedondong sampai bersih kemudian merebusnya dan menambah gula serta daun pandan kedalamnya. Alih-alih akan merasa pedas, justru menu ini cocok bagi kamu yang menyukai makanan manis dengan cita rasa yang segar. Setup kedondong pas dimakan saat dingin.

3. Sambal kedondong

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! mamatiamia.blogspot.com

Jika biasanya kedondong merupakan teman makan sambal rujak, maka di menu ini kedondong diolah menjadi sambal enak khas nusantara yang cocok dinikmati bersama dengan ikan bakar dan nasi yang hangat. Dengan proses pengolahan yang mudah mirip dengan pembuatan sambal bawang atau sambal mangga sehingga menambah cita rasa kelezatan yang terpancar saat mencicipi sambal yang satu ini, asam segar pedas nya bikin ketagihan.

Baca Juga: Mudah Didapat, 7 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dalam Darah

4. Udang madu kedondong

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! cookpad.com

Ingin menikmati hidangan utama dengan bahan unik seperti kedondong? Menu yang satu ini dapat menjadi pilihan alternatif yang pas bagi kamu. Proses pengolahan menu ini cukup mudah dengan udang yang dilumuri oleh rempah dan bahan-bahan lain yang kemudian akan dioseng sehingga akan lebih merata. Tambahkan topping berupa buncis dan irisan kedondong untuk memambah rasa segar yang dihasilkan.

5. Mie kedondong

5 Olahan Unik Berbahan Dasar Buah Kedondong, Kecut-kecut Segar! travelingyuk.com

Ingin menyicipi rasa dari varian mie yang mirip seperti bakmi tapi dengan sensasi unik rasa asam segar dari kedondong? Tentu saja bisa, mie ini merupakan inovasi unik dari mie asal Surabaya yang mencampurkan kedondong sebagai bahan pendukung dari mie yang satu ini. Pengolahan nya mirip seperti mie pangsit pada umumnya, namun dengan tambahan kedondong tentunya akan menambah cita rasa unik tersediri.

Nah, 5 referensi menu unik berbahan dasar kedondong diatas bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin menikmati kedondong dengan cara yang berbeda dan gak selalu dengan melalui menu rujak. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Buah Perlambang Cinta Ini Bisa Ekspresikan Perasaanmu pada Pasangan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya