Comscore Tracker

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!

Asal caranya tepat, rebusan air pun tak akan meluap 

Merebus merupakan salah satu teknik memasak basah yang paling sering dan umum dilakukan banyak orang. Merebus memang ada banyak jenisnya, sebut saja seperti merebus air, sayuran, daging, dan bahan-bahan lainnya.

Namun, pernahkah kamu mengalami kesulitan ketika harus merebus sesuatu sehingga air rebusannya meluap ke mana-mana? Hal ini sangat merepotkan sebab air rebusan yang meluap akan tumpah mengenai kompor dan bagian-bagian di sekitarnya. 

Untuk kamu yang sering mengalami permasalahan serupa, berikut lima tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya. 

1. Jangan menggunakan suhu tinggi

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!vpr.org

Ada beberapa jenis olahan yang apabila kamu merebusnya dengan api besar, maka akan mudah meluap ke mana-mana. Olahan-olahan tersebut adalah santan, susu, kaldu, agar-agar, dan lain sebagainya.

Untuk olahan-olahan di atas, kamu dapat menyiasatinya dengan menggunakan api sedang atau justru relatif kecil. 

2. Letakan spatula kayu di tengah

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!food-hacks.wonderhowto.com

Cara yang satu ini mungkin pernah kamu dengar dan menjadi salah satu tips tradisional yang masih aktif dilakukan. Cara melakukannya yang mudah dan hasil yang efektif membuat banyak orang sering mempraktikkannya sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu meletakan spatula yang terbuat dari kayu pada bagian tengah panci. Hal ini akan membantu uap air keluar dan tidak akan meluap. 

Baca Juga: 3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!

3. Gunakan takaran air yang tepat 

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!schoolofthinking.org

Satu hal yang patut kamu perhatikan adalah takaran air yang digunakan untuk merebus. Takaran ini dapat disesuaikan dengan banyaknya bahan-bahan makanan, besar kecilnya api, atau justru ukuran panci yang digunakan. Jika menambah air melebihi kapasitas, maka air akan mudah meluap-luap ke luar. 

4. Mengaduk-aduknya

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!cookinglight.com

Bila kamu mengolah jenis olahan seperti santan atau agar-agar, maka cara terbaik lainnya untuk membuat olahan tersebut tidak meluber adalah dengan cara mengaduk-aduknya. Cara ini dinilai mampu meminimalisir kemungkinan air akan meluap. Selain itu, proses pematangan pada bahan yang digunakan juga akan lebih maksimal. 

5. Jangan menutup panci

5 Tips Agar Air Rebusan Tidak Meluap, Gak Perlu Panik Lagi!detroitnews.com

Bila memang olahan rebusannya sering sekali meluap saat dimasak, maka kamu dapat mencoba membuka panci yang digunakan. Panci yang tidak ditutup akan membantu dalam mengeluarkan uap-uap panas di dalamnya. Hal ini tentu akan membantu dalam menghindari luapan air rebusan. 

Nah, beberapa tips di atas dapat membantumu dalam meminimalisir kemungkinan terluapnya air pada panci. Mana yang paling sering kamu lakukan di rumah? 

Baca Juga: 10 Tips Masak Terbaik yang Harus Kamu Terapkan di Dapur, Serba Gampang

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya