Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!

Gak sulit kok ternyata memilih durian matang

Durian adalah salah satu buah yang cukup populer dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Buah ini memang merupakan buah musiman yang tak sering kamu temukan setiap harinya.

Meski hanya sedikit orang yang menyukai buah durian, namun mayoritas orang Indonesia tetap menggemari buah tersebut. Karena harganya yang tak murah, maka kamu perlu cermat dalam memilihnya agar tak gagal dan justru mendapatkan durian dengan cita rasa tak enak. 

Untuk kamu yang mungkin akan membeli durian, berikut lima tips yang patut kamu perhatikan! 

1. Cium aromanya

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!Unsplash/Dave Weatherall

Salah satu kunci dari kematangan durian adalah aromanya. Bila ingin memastikan apakah durian tersebut matang atau tidak, maka cobalah cium aroma yang ada pada buah tersebut.

Durian yang matang biasanya akan mengeluarkan aroma wangi, biasanya melalui celah-celahnya yang telah terbuka. 

2. Pilih tangkai yang pendek dan tebal

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!Unsplash/Jonny Clow

Cara lainnya untuk menentukan kematangan durian adalah dengan cara melihat bagian tangkainya. Disarankan untukmu dalam memilih durian dengan tangkai yang pendek dan tebal. Hindari durian bertangkai panjang atau tipis karena bisa jadi belum matang atau rasanya tak terlalu manis. 

Baca Juga: Resep Kolak Durian yang Gurih, Cocok untuk Menu Takjil Buka Puasa

3. Pilih durian berbentuk bulat

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!Unsplash/Jim Teo

Meski cara ini tak sepenuhnya sesuai karena belum tentu durian lonjong tak matang, namun tetap saja saran ini tak salah dicoba. Durian yang kematangannya merata lebih dominan dengan bentuknya yang bulat. Jika memang kamu dihadapkan pada beberapa pilihan, maka pilihlah durian dengan bentuknya yang bulat. 

4. Pilih durian berduri pendek dan jarang-jarang

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!Unsplash/Steve Douglas

Cara lainnya yang dapat kamu perhatikan dalam memilih durian adalah dengan melihat durinya. Disarankan untukmu memilih durian yang memiliki duri cenderung pendek dan jarang-jarang jaraknya. Hal ini karena durian dengan tampilan seperti itu lebih dominan bercita rasa manis dan anti gagal saat dipilih. 

5. Ketuklah buah durian

5 Tips Cerdas Memilih Buah Durian yang Tepat, Manis dan Anti Gagal!Unsplash/Gliezl Bancal

Jika kamu masih penasaran apakah buah durian pilihanmu matang sempurna atau tidak, maka cobalah ketuk-ketuk dengan menggunakan gagang pisau. Apabila terdengar suara seperti bluk-bluk, maka bisa diasumsikan bahwa durian tersebut telah matang. Ini adalah salah satu ciri khas dari durian yang matang. 

Nah, beberapa tips di atas dapat membantumu ketika memilih durian agar tak sampai gagal. Sudah siap memilih durian?

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Tips Sehat Mengonsumsi Durian, Jangan Berlebihan!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya