Comscore Tracker

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinya

Gak perlu risau lagi deh ketika menggoreng cabai

Cabai merupakan salah satu bahan dasar yang hampir tak pernah terlewat ketika memasak suatu menu. Bahan ini memang memiliki cita rasa yang pedas, namun hampir tak pernah kehilangan minat bagi siapapun yang mencobanya. Terkadang ada banyak persoalan ketika mengolah cabai, salah satunya adalah ketika cabai mudah meletus saat digoreng.

Selain membuat jadi ekstra hati-hati, cabai yang meletus saat digoreng juga ikut membawa minyak panas yang berbahaya bila terkena tangan atau wajah.

Untuk kamu yang penasaran dan sering menemukan persoalan seperti ini, berikut lima tips mengatasinya!

1. Keringkan cabai sebelum digoreng

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinyaslashgear.com

Terkadang penyebab dari cabai yang sering meletus saat digoreng adalah karena kandungan air yang masih menempel padanya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa cabai telah kering sempurna sebelum kamu goreng atau masukan ke dalam minyak panas. Hal ini dapat meminimalisir kemungkinan cabai akan meletus.

2. Hindari menggoreng secara utuh

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinyaneedpix.com

Bila memang memungkinkan, akan lebih baik bila kamu mengiris cabai terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Hal ini karena di dalam cabai terdapat rongga udara yang memungkinkan akan menguap saat proses penggorengan dilakukan. Oleh sebab itu lah, terkadang banyak cabai yang mudah meletus karenanya.

Baca Juga: Resep Tahu Cabai Garam, Bikin Camilan Gurih ala Kafe di Rumah

3. Jangan menggunakan api besar

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinyaapartmentguide.com

Jangan terburu-buru dalam memasak dan hindari penggunaan api besar. Cukup gunakan api kecil yang akan membantumu dalam mengontrol proses penggorengan cabai dengan baik. Oleh sebab itu, suhu akan terjaga dan kemungkinan untuk cabai meletus pun dapat diminimalisir.

4. Jangan gunakan minyak secara berlebihan

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinyatastingtable.com

Menggunakan minyak dalam takaran berlebihan tak hanya akan menjadi suatu pemborosan, namun juga berpotensi membuat cabai meletus saat digoreng. Cukup gunakan minyak secukupnya dengan takaran sekitar 2-5 sdm sebelum akhirnya cabai tersebut dapat kamu goreng.

5. Tutup penggorengan

Cabai Sering Meletus Saat Digoreng? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinyaswissdiamond.ch

Untuk cara terbaik untuk menghindari letusan dari cabai yang digoreng dapat disiasati dengan menutup penggorengan. Selain untuk menjaga suhu di dalamnya, cara ini dapat membantumu dalam menjaga diri dari letusan cabai yang digoreng dalam jumlah besar. Tentunya cara ini sekaligus merupakan yang terpopuler untuk dilakukan banyak orang.

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu coba sebagai cara terbaik untuk mencegah cabai meletus saat digoreng. Jadi, gak repot lagi deh saat menggoreng cabai!

Baca Juga: 5 Bahan Dapur Pengganti Cabai, Pedasnya Bikin Nagih!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya