Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! 

Ikan jadi lebih segar dan sedap pastinya

Ikan merupakan bahan makanan yang biasa diolah menjadi aneka menu. Meski memang umum dikonsumsi, namun pengolahannya yang tak sesuai justru akan membuat ikan jadi lebih amis. Tentunya tak akan ada orang yang tertarik untuk mengonsumsi ikan dengan aroma amis dan tak sedap. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membersihkan ikan agar tak beraroma amis, berikut lima daftarnya. 

1. Menyiapkan tiga wadah berbeda 

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! architonic.com

Patut diketahui bahwa sebelum mulai membersihkan ikan, ada baiknya untuk menyiapkan tiga wadah berbeda. Wadah-wadah tersebut berfungsi untuk meletakan ikan utuh, ikan yang sudah dibersihkan, dan kotoran ikan. Dengan cara ini, maka tak akan tercecer dan menyebabkan aroma tak sedap pada ikan atau dapur.

2. Membersihkan sisiknya

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! themanual.com

Setelah memastikan bahwa ikan telah dibersihkan secara maksimal, cara selanjutnya adalah membersihkan sisiknya. Caranya dengan menggunakan pisau berukuran sedang. Selanjutnya, kamu dapat mulai membersihkan dengan hati-hati atau gunakan sarung tangan bila memungkinkan. 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Ikan Segar untuk Mendapatkan Cita Rasa Masakan Lezat

3. Keluarkan isi perut dan kepala

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! fishingbooker.com

Apabila memang dirasa sudah bersih dari sisik, selanjutnya kamu dapat membersihkan dalaman ikan. Kamu juga dapat memisahkan bagian kepalanya bila tak suka. Pastikan bahwa ikan sudah bersih maksimal dan lakukan lah di bawah air mengalir.

4. Membuat sayatan pada ikan

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! thespruceeats.com

Selanjutnya adalah dengan menyayat bagian sisi-sisi ikan. Cara ini sangat mudah dilakukan sendiri dengan menggunakan pisau dan jangan menyayat terlalu dalam. Tujuannya adalah untuk membuat bumbu lebih meresap nantinya. 

5. Cuci bersih dan gunakan bumbu, serta jeruk nipis 

5 Tips Membersihkan Ikan Agar Tak Beraroma Amis, Mudah Kok! bearnakedfood.com

Setelah semuanya selesai, maka kamu dapat mencucinya di bawah air mengalir. Kamu juga dapat membumbuinya dengan aneka rempah dan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis. Selanjutnya, dapat didiamkan beberapa saat dan diolah.

Nah, itulah beberapa tips membersihkan ikan tanpa aroma amis. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: Resep Masakan Rumahan Ikan Masak Acar Kuning, Kuahnya Bikin Nagih

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya