Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!

Terlihat sulit, padahal kalau tahu caranya jadi mudah lho

Lobster merupakan salah satu olahan seafood yang paling populer karena cita rasa dan harganya yang bikin pusing.

Lobster terkenal sebagai bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam jenis menu lezat, dari mulai yang sederhana bahkan hingga yang kompleks sekalipun. Tak heran bila memang banyak orang yang menggemari olahan seafood yang satu ini.

Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara membersihkan lobster yang benar? Untuk kamu yang penasaran bagaimana membersihkan lobster yang tepat, berikut lima tipsnya.

1. Memilih lobster segar dan persiapkan alat-alatnya

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!lobsterfrommaine.com

Setelah memastikan bahwa lobster pilihanmu merupakan jenis yang segar dan siap diolah, maka untuk selanjutnya kamu dapat mempersiapkan alat-alatnya.

Hal yang dapat kamu persiapkan antara lain sarung tangan, gunting atau pisau. Alasannya adalah lobster memiliki cangkang yang sangat kuat sehingga memerlukan alat tajam untuk membantu membersihkan. Selain itu sarung tangan dapat melindungi kulit tangan dari sayatan akibat cangkang lobster.

2. Rebus lobster sesaat setelah dicuci

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!simplyrecipes.com

Untuk memastikan lobstermu bersih sempurna, maka cucilah terlebih dahulu hingga bersih di bawah air mengalir.

Langkah selanjutnya adalah merebus lobster dengan waktu singkat. Patut diingat bahwa waktu perebusan yang dilakukan hanyalah 30 detik saja karena fungsi utamanya hanya sebagai pembersihan, bukanlah mematangkan. Segeralah angkat lobster dan rendam sesaat dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Mengolah Lobster Segar Jadi Masakan yang Nikmat

3. Memisahkan bagian kepala dan capit

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!seriouseats.com

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memisahkan bagian kepala dan capit. Untuk langkah ini sebenarnya opsional sebab kamu dapat memilih untuk mengolah lobster secara utuh atau pun dipotong terlebih dahulu, namun setidaknya dengan dipotong maka proses pematangan dapat berjalan lebih mudah.

Selanjutnya, pisahkan bagian kepala sebab ada banyak kotoran dan cairan di dalamnya. Setelah itu, pisahkan bagian kaki-kaki kecil dan capitnya secara perlahan. Pastikan bahwa tidak hancur agar hasilnya nanti bagus.

4. Mencuci darah lobster dan membersihkan jeroannya

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!YouTube/Angelo Balwant

Sebagai makhluk hidup wajar saja bila lobster memiliki darah atau pun jeroan di dalam tubuhnya. Kamu dapat membersihkan bagus darahnya yang berwarna hijau terlebih dahulu di bawah air mengalir, biasanya darah lobster akan cenderung berbentuk mirip gelatin bila dibiarkan terlalu lama. Cuci saja hingga tak terasa lengket lagi.

Setelah itu, bersihkan jeroannya dan bagian insangnya hingga benar-benar bersih dan hanya tersisa bagian dagingnya saja. Bila jeroan dibiarkan, maka dikhawatirkan merusak cita rasa dari lobster.

5. Membelah cangkang lobster

5 Tips Membersihkan Lobster yang Tepat, Jangan Keliru!bhg.com

Cara ini merupakan langkah final yang dapat dilakukan selama membersihkan lobster. Kamu dapat memilih untuk menggunakan gunting bila khawatir daging lobster akan rusak, namun bila kamu telah terbiasa maka tak apa bila menggunakan pisau.

Berhati-hatilah saat membelah cangkang sebab daging lobster cenderung mudah rusak apalagi bila dibelah setelah direbus. Cukup belah dari bagus ekor ke atas dan pisahkan keduanya dengan menggunakan tangan.

Nah, beberapa tips membersihkan lobster dapat menjadi informasi untukmu yang ingin mengolah olahan laut yang satu ini. Bila tahu caranya tentu sangat mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Tuna yang Paling Banyak Dikonsumsi, Kamu Harus Tahu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya