Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!

Mixer pun dapat menjadi lebih awet dan tahan lama

Mixer merupakan salah satu alat penting dalam membuat kue. Peranan mixer memang sangat dibutuhkan untuk mengolah aneka bahan di dalamnya hingga membentuk adonan yang siap untuk diolah.

Namun, terkadang alat ini tak dirawat dan dibersihkan dengan baik sehingga mudah rusak. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui tips apa saja yang tepat untuk membersihkan mixer.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam membersihkan mixer, berikut lima daftarnya. 

1. Mencabut aliran listrik secara perlahan

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!elements.envato.com

Sebagai alat elektronik yang menggunakan listrik sebagai perantara energinya, memang hal pertama yang harus dilakukan sudah tentu memutus kontak listrik dari mixer. Kamu dapat mencabut kabelnya secara perlahan dengan tangan kering. Hal ini untuk menghindari risiko tersetrum dan lain sebagainya. 

2. Memisahkan bagian mixer sebelum membersihkannya

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!amazon.com

Tak seperti alat membuat kue lainnya, mixer cenderung memiliki bagian-bagian rakitan yang harus dirakit sendiri sebelum akhirnya dapat digunakan. Oleh sebab itu, saat proses pembersihan pun harus dipisahkan terlebih dahulu antara satu dan lainnya. Jangan terlalu lama dalam memisahkan bagian-bagiannya karena adonan nantinya justru akan mengeras dan menjadi sarang bakteri. 

Baca Juga: 9 Kebiasaan Buruk yang Bikin Mixer Cepat Rusak, Jangan Dilakukan Ya!

3. Merendam mixer dengan campuran air hangat, sabun, dan jeruk nipis 

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!imgur.com

Bahan-bahan seperti air hangat, sabun, dan jeruk nipis menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan saat akan membersihkan mixer. 

Kamu dapat meletakan bagian-bagian mixer ke dalam rendaman berisi air hangat, sabun, dan jeruk nipis. Cukup diamkan selama 3 menit hingga kotoran-kotoran yang menempel pada mixer pun luruh. Setelah itu, segera keringkan dengan spons lembut. 

4. Sikat gigi untuk menjangkau celah mixer

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!mysierradental.com

Mixer memiliki bagian celah-celahnya yang terkadang sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian celahnya. Gosoklah dengan perlahan hingga memastikan bahwa tak ada kotoran yang menempel pada mixer. 

5. Mengelap kembali mixer dengan kain basah

5 Tips Membersihkan Mixer yang Tepat, Dijamin Anti Rusak!businessinsider.com

Meskipun sebelumnya mixer telah dilap dengan menggunakan spons kering, namun kadang kala masih ada kotoran atau cipratan yang menempel pada bagian luar mixer. Oleh sebab itu, gunakanlah kain basah untuk membersihkan permukaannya. Kamu juga lebih disarankan menggunakan kain berserap tinggi agar memudahkan dalam proses pembersihan.

Nah, beberapa tips membersihkan mixer di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu yang masih kebingungan dalam membersihkannya. Sangat mudah dilakukan, mudah? 

Baca Juga: Lumer di Mulut, Ini 5 Resep Mudah Chocolava Cake Tanpa Mixer dan Oven!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya