Comscore Tracker

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!

Gak perlu beli di luar lagi, deh

Roti merupakan olahan pangan yang sering dikonsumsi oleh semua orang, bahkan beberapa negara mengonsumsi roti sebagai makanan pokoknya. Olahan inilah yang kemudian dikenal luas oleh publik dan membuatnya memiliki banyak variasi. Meski dijual secara massal di mana-mana, namun kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat roti sendiri di rumah, berikut lima daftarnya.

1. Mempersiapkan bahan-bahannya

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!Unsplash/Annie Spratt

Dalam membuat suatu olahan sudah tentu bahan-bahan menjadi hal yang wajib dipersiapkan. Kamu dapat memulai dengan menyiapkannya, sebut saja seperti tepung terigu, ragi, air hangat, minta sayur, garam, dan gula. Selebihnya dapat kamu persiapkan sebagai bahan opsional yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

2. Menggunakan takaran yang tepat

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!Unsplash/American Heritage Chocolate

Sama halnya dengan olahan lain, sudah tentu kamu perlu memperhitungkan takaran yang tepat pada roti buatanmu. Sebagai contoh, lima cangkir tepung terigu akan menghasilkan dua buah roti. Tentunya hal tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dengan begitu, maka cita rasa olahan roti buatanmu dapat lezat maksimal.

Baca Juga: Resep Korean Garlic Cheese Bread, Roti Kekinian dengan Rasa Unik 

3. Menutup adonan beberapa saat agar mengembang

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!Unsplash/Pablo Lancaster Jones

Hal yang paling penting dalam membuat roti adalah proses pengembangan. Tentunya karena memang hal ini yang menentukan keberhasilan dari olahan roti buatanmu.

Kamu dapat menyimpan adonan roti pada wadah yang telah dibaluri minyak agar tidak menempel. Selanjutnya, kamu dapat menutupnya dan membiarkannya beberapa menit hingga mengembang sempurna.

4. Panggang dan buatlah celah pada roti

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!Unsplash/Liene Geidane

Proses pemanggangan juga tak luput menjadi hal yang perlu diperhatikan saat membuat roti. Kematangan yang merata tentu akan membuat roti memiliki cita rasa yang maksimal. Oleh sebab itu, kamu dapat membuat celah-celah pada sisi atau bagus atas roti agar membantu kematangannya lebih merata.

5. Sajikan roti sesuai selera

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!Unsplash/Mario Mesaglio

Jika dirasa bahwa roti telah matang dan siap disajikan, kamu dapat melanjutkan langkah selanjutnya. Langkah ini adalah dengan menyajikannya bersama dengan aneka topping lezat. Sebut saja seperti aneka buah-buahan atau pun selai lezat pilihanmu. Tentu dengan begitu maka roti olahanmu akan lezat maksimal.

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat membantumu dalam membuat roti di rumah. Mudah, bukan?

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Roti Panggang yang Cocok untuk Menu Sarapan Lezat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya