Comscore Tracker

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!

Kata siapa vla hanya bisa dibeli saja? 

Vla merupakan salah satu bahan pelengkap dalam olahan seperti puding atau pun kue sus. Bahan yang satu ini identik dengan konsistensinya yang kental dan cita rasanya yang tak begitu manis, namun beberapa juga ada yang manis karena disesuaikan dengan menu utama yang akan disajikan.

Bila biasanya vla banyak yang tersedia dalam versi instan, namun kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips dalam membuat vla, berikut lima daftarnya. 

1. Memastikan bila bahan-bahan telah siap

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!Pexels/Monserrat Soldú

Kamu harus mempersiapkan bahan-bahan sebelum akhirnya mulai mengolah vla. Biasanya bahan-bahan yang digunakan dalam membuat vla adalah tepung maizena, ekstrak vanili, gula yang dihaluskan, dan susu cair.

Rasa dari vla dapat kamu sesuaikan dengan selera masing-masing. Bila ingin cita rasa yang cokelat, maka gunakan susu cokelat. Bila ingin cita rasa buah, maka gunakan ekstrak buah dari hasil blender dan disaring terlebih dahulu sebelum digunakan. 

2. Menggunakan kuning telur 

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!Pexels/Pixabay

Langkah yang satu ini hanya opsional saja bila kamu ingin vla yang lebih kental dengan cita rasanya yang gurih. Namun, memang aroma amis dapat coba kamu hilangkan dengan penambahan vanili atau pun ekstrak buah bila kamu menggunakannya. Hal tersebut dapat tergantung dengan pilihanmu. 

Baca Juga: Resep Puding Mangga Vla, Si Manis Bikin Romantis

3. Gunakan api kecil dan terus diaduk

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!Youtube/ASARA

Memasak susu memang merupakan hal yang riskan untuk gagal karena memang sifatnya yang mirip dengan santan. Gunakan saja api kecil yang ada dan aduklah secara menerus untuk menghindari susu akan pecah saat dimasak. Meski mungkin akan melelahkan, tentu yang terpenting vla pun tetap jadi. 

4. Gunakan mixer atau blender

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!washingtonpost.com

Hal yang satu ini juga opsional untuk dilakukan karena hanya tergantung pada pilihanmu saja. Bahan-bahan yang telah dimasak sebelumnya dapat di-blender atau mixer untuk mendapatkan hasil yang lebih lembut konsistensinya. Tentu dapat menjadi rekomendasi bila kamu tertarik. 

5. Gunakan wadah kedap udara

5 Tips Membuat Vla yang Lembut dan Lezat, Cocok untuk Berbagai Olahan!amazon.com

Wadah kedap udara merupakan pilihan terbaik dalam menyimpan vla di rumah. Kamu dapat pula meletakannya pada kulkas. Namun, bila ternyata vla membeku, kamu dapat kembali memblender hingga akhirnya vla memiliki tekstur seperti semula. 

Nah, beberapa tips membuat vla di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu yang tertarik dalam membuat vla. Sederhana dan praktis, bukan? 

Baca Juga: Manis dan Legit, 8 Dessert Khas Hungaria Ini Bisa Bikin Ketagihan!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya