Comscore Tracker

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! 

Jangan sampai salah pilih, ya

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang cukup sering dikonsumsi oleh sebagian orang. Meskipun harga dari ikan ini lumayan mahal, namun beragam kandungan baik di dalamnya seakan menjadi daya tarik tersendiri untuk ikan yang satu ini.

Tak heran bila memang di balik manfaatnya yang besar, cita rasa yang disuguhkan juga sangat menggugah selera. Namun, sudahkah kamu mengetahui tips dalam memilih ikan salmon segar? 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips memilih ikan salmon segar, berikut lima daftarnya. 

1. Pilihlah ikan yang paling bersih

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! thefishsociety.co.uk

Hal pertama saat membeli ikan tentu saja tampilan dari ikan tersebut. Kamu pasti dapat membedakan mana ikan yang sekiranya memang bersih dan mana yang tidak. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa ikan pilihanmu bersih tanpa ada noda. Dikhawatirkan noda yang menempel justru menjadi perpindahan bakteri, meskipun noda dapat dibersihkan. 

2. Tidak berair

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! Unsplash/Christine Siracusa

Bila kamu merupakan orang yang lebih sering membeli ikan salmon fillet yang telah diletakkan pada wadah, maka kamu perlu memperhatikan satu hal ini.

Potongan ikan yang terlihat berair atau pun airnya terlihat hingga ke sudut wadah penyimpanannya, maka bisa jadi justru ikan tersebut sudah tak segar lagi atau telah terkontaminasi dengan udara luar. Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang mengatakan bahwa sebaiknya memilih ikan utuh dibandingkan ikan yang telah dipotong-potong. 

Baca Juga: Resep Masak Salmon Teriyaki, Daging Lembutnya Meleleh di Lidah

3. Ikan salmon segar memiliki aroma yang segar pula

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! manettas.com.au

Selain tampilan, aroma juga menjadi satu hal yang sangat diperhatikan saat membeli ikan. Bila kamu menemukan ikan salmon yang dijual memiliki aroma yang cenderung amis, maka janganlah dibeli. Ikan yang sudah berubah aroma menjadi amis bisa menjadi indikasi bila telah lama disimpan sehingga mengubah aroma yang ada. 

4. Insang berwarna merah segar dan sisik yang berkilau

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! lancashireflyfishing.co.uk

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dari bentuk fisik ikan salmon sebelum dibeli. Ikan salmon yang segar cenderung memiliki insang yang merah. Selain itu, sisik pada ikan salmon yang segar juga terlihat berkilau dan lembap bila dipegang. Tentunya dua hal ini dapat menjadi tolak ukur bagimu dalam memilih ikan salmon yang segar. 

5. Warna dan tekstur daging salmon

5 Tips Memilih Ikan Salmon yang Segar, Cita Rasa Tetap Maksimal! Unsplash/Colin Czerwinski

Semua orang pasti tahu bila ikan salmon cenderung memiliki warna daging yang oranye, tak putih, atau pun berwarna merah. Ikan salmon yang segar memiliki warna oranye yang jauh lebih merata, sedangkan untuk ikan yang tak segar tentunya warna terlihat tak merata dan tampak gelap pada bagian atasnya. Kamu juga dapat memastikan teksturnya. Tekstur ikan salmon segar lebih lunak, namun tak mudah hancur. 

Nah, beberapa tips memilih ikan salmon segar di atas dapat menjadi informasi untuk kamu ketahui. Lebih cermat lagi dalam memilih ikan salmon ya! 

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Salmon yang Paling Populer di Dunia, Tahu Perbedaannya?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya