Comscore Tracker

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!

Jangan sampai salah dalam memilih, ya

Indonesia memiliki beraneka ragam jenis ikan yang tersebar, dari ikan air laut, bahkan hingga air tawar.

Salah satu jenis ikan yang paling populer adalah ikan tuna. Ikan jenis ini telah terkenal memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, konon disebut-sebut bahwa kandungan protein di dalam ikan tuna bahkan melebihi telur. Tak heran bila banyak yang mengonsumsinya. Namun sebelum itu, kamu harus memahami cara untuk memilih ikan tuna yang tepat. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips memilihnya, berikut lima daftarnya. 

1. Aromanya khas laut

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!freshtunasupplier.com

Seperti memilih jenis ikan lainnya, hal yang tak boleh terlewat untuk diperhatikan adalah aroma dari ikan tuna. Aroma ikan tuna yang segar lebih cenderung segar dan khas laut.

Sementara, bila kamu menemukan ikan tuna beraroma tak sedap layaknya busuk atau anyir, maka sebaiknya kamu tak memilih jenis ikan tersebut. 

2. Hindari membeli secara potongan

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!everydayfoodilove.co

Kamu pasti sering menemukan ikan-ikan tuna yang telah dipisahkan tulangnya dan dipisah-pisah dalam sebuah wadah.

Sebenarnya memang banyak orang yang lebih menyukai hal ini karena dianggap praktis dan juga cocok bila memang akan memasak dalam jumlah yang tak banyak. Namun, cara ini tak disarankan sebab dikhawatirkan ikan tersebut tidak segar lagi dan kamu juga tak dapat memastikan kualitasnya hanya melalui potongan-potongan. 

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Tuna yang Paling Banyak Dikonsumsi, Kamu Harus Tahu

3. Kulitnya lebih lembap

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!oceandimensions.com

Jangan buru-buru membeli ikan tuna yang memiliki permukaan kulit yang kering. Hal ini dapat menjadi indikasi bahwa ikan tuna tersebut sudah tak segar lagi. Sebaliknya, kamu dapat membeli ikan tuna yang memiliki permukaan kulit lebih lembap dan tak berlendir. 

4. Bertekstur kenyal

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!frozentunafish.com

Ikan dengan kualitas yang baik tentunya memiliki kualitas daging yang baik pula. Hal ini lah yang kemudian membuat ikan tuna segar cenderung memiliki tekstur yang lebih kenyal bila dibandingkan dengan yang sudah tak segar lagi. Kamu dapat memastikannya saat membeli ikan nanti. 

5. Pastikan warna daging ikan tuna tak pucat

5 Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar, Berkualitas dan Lezat!winemag.com

Bila kamu mau tak mau harus membeli ikan tuna potongan atau ikan tuna yang telah dipotong-potong dari tempat penjualan, kamu dapat memerhatikan warna dari dagingnya. Ikan tuna yang segar cenderung memiliki daging yang berwarna kemerahan dan tampak segar. Sementara, untuk kualitas ikan tuna yang buruk, justru memiliki warna yang lebih pucat.

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu praktikan ketika akan membeli ikan tuna. Sangat mudah dilakukan, bukan?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Perbedaan Ikan Air Tawar dan Ikan Air Laut Ini?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya