Comscore Tracker

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

Biar gak sampai salah pilih

Jamur merupakan sejenis tumbuhan non klorofil yang biasa dimanfaatkan sebagai komposisi dalam pembuatan berbagai makanan.

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini karena berbagai jenisnya sudah cukup menyebar di berbagai penjuru dunia dan mudah ditemukan di pasar maupun swalayan lainnya. Jamur memiliki jenis yang sangat beragam dan hal itu tentu saja mempengaruhi karakteristik tampilannya yang berbeda satu sama lain.

Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana tips memilih jamur yang sehat dan aman untuk dikonsumsi? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Pastikan payungnya masih menempel sempurna

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsimedicalnewstoday.com

Untuk jenis jamur seperti jamur kancing, kamu dapat memastikan bahwa jamur tersebut dalam keadaan segar dengan cara melihat apakah payungnya masih menempel pada bagian batang atau tidak. Jika iya, berarti jamur masih dalam kondisi baik.

Payung yang ukurannya sama besar dengan batang juga menjadi indikasi jamur tersebut memiliki kualitas baik.

2. Memiliki warna yang bersih

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsinpr.org

Warna dalam memilih jamur juga dapat menjadi indikasi kesegaran dari jamur tersebut. Pastikan kamu memilih jamur dengan warna yang bersih tanpa ada noda yang berarti.

Jangan memilih jamur yang memiliki noda seperti bercak cokelat karena hal itu bisa menjadi indikasi bahwa jamur tersebut telah rusak dan tidak lagi segar.

Baca Juga: 6 Sajian Berbahan Dasar Jamur yang Enaknya Kebangetan, Cuma 5 Bahan!

3. Cium aromanya

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsithespruceeats.com

Jamur yang segar memiliki aroma yang khas dan sedap. Berbeda dengan jamur yang memiliki tingkat kesegaran yang kurang baik, hal ini ditandai dengan aromanya yang tidak enak atau bahkan berbau busuk. Tentu saja aroma seperti ini menjadi indikasi bahwa jamur tersebut sudah tidak segar dan tidak aman untuk dikonsumsi. 

4. Jangan memilih jamur yang telah terkena air

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsiwikipedia.org

Jamur memang telah terkenal sebagai tumbuhan untuk bahan makanan yang tidak boleh terkena air, hal ini karena akan mempengaruhi kualitas di dalamnya. Oleh sebab itu, hindari membeli jamur yang terdapat bulir-bulir air pada permukaannya karena akan mempengaruhi kualitas dari jamur tersebut.

Belilah jamur yang masih segar dengan permukaan yang juga kering.

5. Perhatikan kelembapan jamur

5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsithebetterindia.com

Kelembapan dari jamur juga merupakan aspek utama yang akan mempengaruhi kualitas didalamnya. Jangan memilih jamur yang berlendir, lembab, apalagi basah karena sudah tentu kualitasnya juga akan menurun. Pilihlah jamur yang segar dan kering karena menjadi indikasi bahwa jamur tersebut masih dalam kualitas yang baik untuk dikonsumsi.

Nah, 5 tips memilih jamur di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli jamur yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Jamur yang Ternyata Belum Banyak Orang Tahu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya