Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!

Enggak akan ada sisa-sisa bekas gorengan yang menempel, deh

Minyak goreng merupakan salah satu bahan makanan yang cukup sering digunakan selama proses masak-memasak. Di balik fungsi utamanya untuk menggoreng, kadang kala bahan tersebut justru mudah keruh dan kotor. Hal ini kemudian membuat sisa-sisa menggoreng tersebut menempel pada olahan yang akan digoreng selanjutnya 

Nah, ini dia tips mengolah minyak agar tetap jernih dan bisa dipakai kembali.

1. Memilih minyak goreng yang baru dan berkualitas

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!Pexels/Pixabay

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sudab tentu memilih minyak goreng yang baik dan berkualitas. Dengan memilih minyak goreng yang baik, maka hasil gorengan pun akan lebih maksimal. Selain itu, minyak goreng yang berkualitas juga memiliki tampilan yang jauh lebih jernih.

2. Tidak menggunakannya lebih dari tiga kali

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!courant.com

Kesalahan utama selama menggunakan minyak goreng adalah menggunakan minyak bekali-kali. Hal ini tentu saja mau tak mau membuatnya keruh. Selain itu, minyak goreng juga jadi tidak sehat dan layak lagi untuk digunakan.

Baca Juga: 6 Ciri Minyak Goreng yang Sudah Tak Layak Konsumsi, Catat!

3. Gunakan api sedang

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!onthewater.com

Penggunaan besar kecilnya api ternyata juga berdampak besar pada berubahnya warna pada minyak goreng. Biasanya api yang cenderung terlalu besar akan membuat warnanya mudah kecokelatan atau keruh. Dengan begitu, maka minyak sayur tampak tak segar lagi.

4. Selalu menyaring minyak

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!euractiv.com

Selepas menggunakan minyak goreng, biasakan untuk menyaringnya dengan menggunakan saringan khusus. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan banyaknya kotoran yang akan menempel pada makanan. Selain itu, minyak pun akan lebih jernih.

5. Simpan di tempat yang sejuk

5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!thestatesman.com

Setelah proses pemasakan, kamu juga bisa menyimpan minyak agar terhindar dari proses oksidasi yang membuatnya lebih keruh. Caranya tentu saja dengan menyimpan minyak pada wadah khusus yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Ini akan membantu dalam menjaga kejernihannya sebelum nantinya digunakan kembali.

Nah, ternyata proses penggunaan minyak yang benar tak akan membuatnya keruh atau memengaruhi cita rasa dan tampilan pada makanan. Catat, ya!

Baca Juga: 6 Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas, Bebas Bau dan Lebih Hemat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya