Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjaga

Cita rasa lezat, kandungan nutrisi pun tetap sehat

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang termasuk ke dalam jenis kubis-kubisan. Meski sekilas mirip dengan kembang kol, namun brokoli memiliki kepala bunga yang berwarna hijau.

Sebagai salah satu sayuran yang terkenal akan nutrisinya, tak heran bila brokoli sering sekali menjadi bahan dalam pengolahan sayur. Tak hanya bagi orang dewasa, anak kecil bahkan bayi sekalipun juga menjadikan brokoli sebagai sayuran wajib dalam setiap santapan.

Untuk kamu yang sering mengolah brokoli, berikut lima tips mengolahnya agar tetap hijau, segar namun juga terjaga kandungan nutrisinya. Simak daftarnya berikut ini!

1. Cuci bersih brokoli dan pisahkan dari batang utamanya

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjagafood.thefuntimesguide.com

Ketika kamu telah membeli brokoli segar, pastikan untuk mencucinya di bahwa air yang mengalir. Selain untuk memastikan brokoli tetap bersih sebelum diolah, namun juga untuk menghindari adanya kotoran maupun ulat yang terdapat pada permukaan brokoli.

Setelah memastikan bahwa brokoli sudah benar-benar bersih, kamu dapat selanjutnya memisahkan batang utama dari brokoli dari kepala bunganya. Potong-potong sesuai selera dan kamu dapat melanjutkan tahap selanjutnya.

2. Merebus di dalam air yang mendidih

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjagavideoblocks.com

Selanjutnya, kita dapat memulai proses perebusan brokoli di dalam air mengalir. Sebelum merebusnya, kamu harus memastikan bahwa wajah berisi air tersebut telah mendidih dengan baik sehingga brokoli dapat mulai direbus.

Air yang telah mendidih akan membantu dalam menutup pori-pori pada brokoli sehingga proses perebusannya tidak akan membuat warna dan nutrisi dari brokoli menjadi luntur.

Baca Juga: 7 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Anak, Jangan Sampai Gak Doyan Ya

3. Usahakan penutup panci tetap terbuka

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjagarusticplate.com

Selama proses perebusan dari brokoli sedang berlangsung, akan lebih baik bila memastikan bahwa panci rebusan tetap terbuka. Hal ini karena saat proses perebusan sedang berlangsung, gas karbodioksida akan terbentuk dari klorofil dan dapat menghasilkan warna serta bau yang tidak baik bagi brokoli. Oleh sebab itu, akan lebih baik bila gas tersebut dibiarkan menguap sehingga warna dan aroma dari brokoli tetap terjaga penuh.

4. Rebus hingga empuk

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjagathespruceeats.com

Banyak orang yang bingung untuk merendam brokoli hingga empuk atau lembut. Pada faktanya, akan lebih baik bila merebus brokoli hingga empuk, bukan lembut. Hal ini karena tekstur lembut pada brokoli telah mengindikasikan overcooked sehingga tidak segar dan lezat lagi saat dikonsumsi. Cukup lima menit saja proses perebusan dan kamu sudah dapat mengangkatnya.

5. Rendam dengan air es

5 Tips Mengolah Brokoli Agar Tetap Hijau dan Nutrisinya Terjagahealthline.com

Ketika kita sudah mengangkat brokoli dari dalam rebusan air, bukan berarti dapat langsung mengolahnya lho. Sisa panas dari perebusan sebelumnya justru dapat memberikan efek warna yang kurang baik.

Oleh sebab itu, tentu kamu dapat merendamnya terlebih dahulu di dalam air es selama beberapa waktu karena akan membantu dalam menurunkan proses suhu pada brokoli.

Nah, 5 tips di atas dapat menjadi informasi memasak bagi kamu yang akan mengolah brokoli. Langsung dicoba yuk!

Baca Juga: Resep Tumis Ayam Brokoli ala Yummy, Cuma Butuh 20 Menit Doang

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You