Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!

Mudah dilakukan dan tidak akan alot selama prosesnya benar 

Daging bebek merupakan salah satu alternatif bahan makanan yang sering dikonsumsi untuk menggantikan daging sapi atau daging ayam.

Daging bebek umumnya memiliki beberapa perbedaan dari segi tekstur dibandingkan jenis daging lainnya. Daging bebek cenderung lebih alot dan tidak selembut daging lain sehingga proses pengolahannya harus dilakukan secara tepat.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips cerdas dalam mengolah daging bebek. Berikut lima daftarnya. 

1. Mencuci hingga bersih dan memotongnya

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!foodinno.com

Ketika kamu baru saja membeli daging bebek, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkannya dan memastikan bahwa tak ada bulu yang masih menempel. Bulu yang masih ada akan membuat aroma daging menjadi tak sedap.

Cucilah seluruh bagian tubuh bebek, termasuk bersihkan jeroannya. Jika sudah bersih, kamu dapat menentukan apakah akan memotong-motong bebek atau mengolahnya secara utuh. 

2. Merendam dengan daun pepaya 

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!en.m.wikipedia.org

Penggunaan daun pepaya juga sangat umum untuk pengolahan daging bebek. Hal ini dapat dilakukan setelah kamu memotong-motong daging bebek. Kamu dapat merendamnya beberapa saat sebelum kembali mencucinya di bawah air mengalir. Proses ini akan membantu menghilangkan bau tak sedap pada daging bebek. 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Daging Bebek, Lezat dan Bikin Ketagihan!

3. Melumuri kembali dengan jeruk nipis

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!Unsplash/Glen Carrie

Aroma tak sedap dari daging bebek memang harus menjadi konsentrasi utama karena tentunya tak ada yang mau menikmati olahan menu daging yang beraroma tak sedap.

Jeruk nipis telah dipercaya ampuh dalam menghilangkan aroma seperti itu. Oleh sebab itu, kamu dapat membaluri kembali daging bebek dengan menggunakan jeruk nipis dan biarkan sekitar 30 menit, lalu cuci di bawah air mengalir. 

4. Merebus dengan rempah

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!britannica.com

Langkah selanjutnya adalah dengan merebus daging bebek. Untuk proses perebusan ini memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Kamu juga dapat menambahkan daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam ke dalamnya. Tujuannya adalah untuk membantu menghilangkan aroma tak sedap yang mungkin masih menempel pada daging bebek. 

5. Merebus kembali dengan potongan nanas

5 Tips Mengolah Daging Bebek yang Tepat, Anti Alot dan Tetap Lezat!Unsplash/Pineapple Supply Co.

Daging bebek sudah terkenal cukup mudah alot bila proses pengolahan yang dilakukan tidaklah tepat. Untuk menyiasati agar hasil rebusan tidak alot, maka kamu dapat merebus kembali daging bebek dengan menambahkan potongan nanas ke dalamnya. Nanas tersebut cukup ampuh dalam menghilangkan aroma tak sedap, sekaligus memberikan cita rasa tersendiri. 

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi informasi untukmu yang akan mencoba untuk mengolah daging bebek. Sangat mudah, bukan?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Angsa yang Tepat, Anti Bau Amis!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya