Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! 

Cita rasanya jadi semakin mantap, deh

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja ikan asin merupakan jenis olahan yang umum dikonsumsi. Tak sulit menemukan para pedagang yang menjajakan beragam jenis ikan asin yang lezat.

Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan dengan menggunakan garam, sehingga tak heran bila cita rasa memanglah asin. Namun, tak semua orang paham dan mengetahui cara yang tepat untuk mengolahnya. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips mengolah ikan asin agar tetap lezat dan tidak bau, berikut lima daftarnya. 

1. Mencuci ikan asin di bawah air mengalir

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! thesaltvalley.com

Hal pertama yang harus dilakukan selepas membeli ikan asin adalah dengan cara mencucinya. Cuci lah ikan di bawah air mengalir untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel. Selain itu, mencuci ikan asin juga dapat mengurangi kadar garam yang ada di dalamnya. Kamu dapat pula mengulangi dalam mencuci ikan asin sebayak 2-3 kali pencucian. 

2. Rendam dengan air panas

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! harborfish.com

Memang mencuci ikan asin sebenarnya sudah cukup untuk membantu mengurangi kadar garam pada ikan asin, namun ada pula jenis ikan yang memang kadar garamnya terlalu tinggi. Hal ini dapat disiasati dengan cara merendamnya dengan air panas selama 15-30 menit. Cara ini ampuh dalam memberikan cita rasa tersendiri. 

Baca Juga: Resep Membuat Sambal Terung Ikan Asin, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

3. Jangan gunakan minyak bekas

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! seriouseats.com

Bila kamu sudah memastikan bahwa ikan asin telah bersih sempurna, maka kamu dapat mulai mengolahnya dengan cara menggoreng. Disarankan untuk menggunakan minyak baru bila menggoreng ikan asin untuk memaksimalkan cita rasanya. Penggunaan minyak bekas justru hanya akan memberikan cita rasa pahit pada ikan. 

4. Menggoreng dengan api kecil

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! padibussorah.com

Ada beberapa jenis ikan asin yang memiliki bentuk tipis dan pipih yang membuatnya mudah gosong. Selain itu, memang lebih disarankan untuk menggoreng ikan asin dengan menggunakan api kecil. Tentunya dengan begitu, ikan asin tak akan gosong dan pahit. Biarkan saja ikan asin hingga matang dan kering sempurna, baru dibalikan ke sisi yang lain. 

5. Gunakan aneka jenis bumbu

5 Tips Mengolah Ikan Asin Agar Lezat dan Tak Bau, Mudah Banget! mccormick.com

Sebenarnya ikan asin yang sudah digoreng saja dapat langsung dikonsumsi, namun untuk memaksimalkan cita rasanya maka kamu dapat mengolahnya dengan lebih bervariasi. Gunakan beragam aneka rempah yang dapat membantu dalam memberikan cita rasa pada ikan asin. Tentu dengan begitu, maka akan sangat lezat saat dinikmati. 

Nah, beberapa tips dalam mengolah ikan asin di atas dapat menjadi inspirasi untukmu yang belum begitu memahami proses pengolahannya. Mudah banget, kan?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Enak Banget, 5 Olahan Ikan Asin Ini Gak Pernah Gagal Bikin Nafsu Makan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya