Comscore Tracker

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juara

Ada triknya khusus lho

Siapa yang tidak suka tumi- menumis? Rasanya hampir semua orang Indonesia familiar dengan gaya memasak yang satu ini, apalagi dengan berbagai menu lezat khas Nusantara yang disajikan melalui cara menumis ini.

Meski terlihat sederhana, sebenarnya butuh tips cerdas dalam mengolah dan menumis agar cita rasa yang dihasilkan tetap lezat dan juara.

Untuk kamu yang akan menumis makanan, berikut lima tipsnya.

1. Pastikan bahan dipotong secara one-bite dan telah dimarinasi

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juaralivingwellspendingless.com

Jika berbicara mengenai tumis menumis, pada umumnya tentu bahan yang digunakan juga telah dipotong-potong secara rapih dan one-bite ya. Hal ini tentu saja untuk memudahkan kita dalam mengonsumsi setiap gigitan dari bahan-bahan tersebut.

2. Pilihlah salah satu antara margarin atau minyak

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juaraseriouseats.com

Dalam teknik penumisan tentu kita akan mengenal yang namanya margarin maupun minyak. Kedua bahan ini memang digunakan dalam proses menumis dengan hasil dan karakteristik yang berbeda-beda. Margarin umumnya memiliki karakteristik yang mudah leleh dan bercita rasa gurih bila dibandingkan dengan minyak. Tentu saja hal tersebut dapat kamu pilih sesuai selera masing-masing.

Baca Juga: 6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapur

3. Jangan gunakan api kecil

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juarapauldavis.com

Banyak sekali orang yang ragu-ragu dalam menentukan api saat menumis. Umumnya orang akan memilih api kecil agar makanan yang ditumis tidak over cooked.

Padahal, penumisan akan disarankan dengan menggunakan api yang lebih besar agar aroma yang dihasilkan dari bahan-bahan tersebut akan menguar dan menghasilkan cita rasa yang lebih terasa. Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati saat menggunakan api ya.

4. Tambahkan sedikit air

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juaramnn.com

Walau memang proses yang dilakukan adalah menumis, namun hal itu tidak berarti makanan yang ditumis akan sepenuhnya kering. Sebaliknya justru penambahan sedikit air akan membantu dalam mempercepat proses pematangan dan memberikan tekstur yang lebih empuk dari setiap bahan-bahan yang dimasukkan.

5. Gunakan wajan yang besar

5 Tips Menumis Agar Cita Rasa Masakan Tetap Juaradrweil.com

Apabila kamu akan memulai proses penumisan, akan sangat disarankan untuk menggunakan wajan dengan ukuran yang lebih besar. Tetapi, bila kamu tidak memiliki wajan besar, kamu tetap dapat menggunakan wajan dengan ukuran standar dengan catatan tidak menumpuk terlalu banyak bahan-bahan.

Menumpuk bahan dalam penumisan akan menghambat proses penguapan sehingga membuat hasil tumisan cenderung over cooked dan tidak bertekstur baik.

Nah, 5 tips menumis di atas dapat menjadi inspirasi serta referensi memasak bagimu. Semoga tips di atas bermanfaat!

Baca Juga: 9 Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang yang Enak dan Gak Amis

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You