Comscore Tracker

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!

Jangan buru-buru bingung bila masakanmu kepedasan, ya

Memasak memang merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh semua orang di rumah. Beragam olahan dengan beraneka cita rasa pun dapat dibuat sendiri melalui bahan-bahan yang tersedia. Namun, apa jadinya bila olahan yang sedang kamu buat justru terlampau pedas dan membuatmu kebingungan untuk menyiasatinya?

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membuat masakan yang kepedasan tetap layak dikonsumsi, berikut lima daftarnya! 

1. Menambahkan produk olahan susu

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!Unsplash/ROBIN WORRALL

Tak sulit membuat masakanmu menjadi tak begitu pedas dengan cara menambahkan produk olahan susu ke dalamnya. Beberapa produk olahan susu tersebut adalah yogurt tawar, krim asam, atau bahkan susu. Pastikan untuk menggunakan api kecil bila menggunakan produk olahan susu. Fungsinya adalah untuk memberikan efek pendingin dan juga menyerap rasa pedas yang ada.

2. Tambahkan gula pada masakan

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!Unsplash/Robert Anderson

Selain produk susu, kamu juga dapat menambahkan bahan pelengkap manis seperti gula pasir, madu, atau pun kecap manis pada masakan yang ada. Fungsi dari bahan pelengkap tersebut dapat membantu mengatasi rasa pedas yang ada. Namun, pastikan untuk tetap mencicipi selama memasukkan gula agar olahanmu justru tak berubah rasa menjadi terlalu manis. 

Baca Juga: Resep Membuat Balado Jengkol Pedas yang Empuk, Gak Bikin Bau

3. Menambahkan bahan asam

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!Unsplash/Han Lahandoe

Kamu dapat menetralkan rasa pedas pada makanan dengan melalui bahan-bahan pelengkap yang bercita rasa asam. Sebut saja bahan-bahan tersebut adalah cuka, jeruk nipis, tomat, atau bahkan nanas sekalipun yang dapat kamu olahan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut dapat membantumu dalam menetralkan rasa pedas pada masakan. 

4. Menambahkan produk kacang-kacangan yang dihaluskan

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!Unsplash/Markus Winkler

Jika kamu memiliki stok kacang-kacangan, seperti selai kacang, wijen, kacang tanah, kacang mete, atau pun kacang almond, maka kamu dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk menetralkan rasa pedas pada olahan. Namun, tak semua olahan cocok untuk ditambahkan bahan-bahan tersebut, ya. Biasanya hanya olahan seperti tumis-tumisan atau bahkan olahan berkuah kental yang cocok ditambahkan bahan kacang-kacangan. 

5. Sajikan dengan bahan pelengkap tawar

5 Tips Menyiasati Masakan yang Kepedasan, Bisa Kok Asal Tepat Caranya!Unsplash/Jude Infantini

Bila kamu kesulitan dalam menambahkan bahan agar cita rasa masakanmu tak terlalu pedas, maka kamu dapat menyiasatinya dengan bahan-bahan tawar sebagai pelengkap makanan. Beberapa di antaranya seperti roti tawar, pasta, kentang, atau pun nasi. Tentu dengan begitu, maka olahan pedas buatanmu akan terendam dan tak terlalu terasa membakar lidah.

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat membantumu dalam menyiasati masakan pedas di rumah. Jangan khawatir dulu!

Baca Juga: Resep Batagor Pedas Sambal Geprek, Dijamin Bikin Ketagihan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya