Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!

Disantap dengan nasi hangat jadi lebih sedap lagi

Bawang goreng biasanya terbuat dari bawang merah yang diiris-iris dan digoreng hingga renyah. Bawang goreng ini biasanya disajikan dengan nasi hangat atau aneka masakan karena memang cita rasanya yang gurih.

Lalu, bagaimana ya bila membuat bawang goreng dalam jumlah banyak dan apa saja tipsnya agar bawang goreng tersebut awet? Untuk kamu yang penasaran apa saja tipsnya, berikut lima daftarnya. 

1. Memilih jenis bawang yang tepat

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!simplyrecipes.com

Bawang yang berkualitas tentu saja akan memengaruhi keawetan dan cita rasa pada bawang gorengmu. Oleh sebab itu, kamu dapat menentukan jenis bawang yang akan digunakan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat langsung mengolah bawang goreng buatanmu.

2. Letakan tisu sebagai alas dan simpan di wadah kedap udara 

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!kaskus.co.id

Ada beberapa teknik yang harus kamu lakukan pada saat proses penyimpanan bawang goreng. Beberapa diantaranya adalah meletakkan tisu sebagai alas agar dapat menyerap minyak yang digunakan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan wadah kedap udara agar bawang gorengmu jadi lebih awet. 

Baca Juga: 5 Tips Memotong Bawang Merah agar Tidak Menangis, Anti Perih!

3. Jangan buru-buru disimpan di dalam toples setelah digoreng

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!YouTube/Masak Enak Sehari

Setelah proses penggorengan, hindari terburu-buru dalam menyimpan bawang goreng. Kamu dapat mendiamkannya sambil diangin-anginkan beberapa saat hingga bawang goreng menjadi lebih dingin. Bila kamu langsung meletakkannya pada toples setelah digoreng, maka akan membuatnya layu. 

4. Simpan di tempat yang kering

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!YouTube/MyPassionFruits Journey

Tak seperti bahan makanan lainnya yang biasa diletakkan di kulkas agar tahan lama, untuk bawang goreng jelas berbeda. Kamu dapat meletakkannya pada tempat yang kering dan bersuhu ruang agar lebih awet. Hindari tempat yang lembap atau basah. 

5. Jauhkan dari makanan beraroma menyengat dan sinar matahari langsung

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!berempat.com

Sama seperti jenis makanan lainnya, kamu sebaiknya menghindari sinar matahari langsung ketika menyimpan bawang goreng bila tak ingin kualitasnya menurun.

Selain itu, kamu juga jangan meletakkan bawang goreng di dekat makanan beraroma menyengat karena akan merubah aroma bawang gorengmu. Pastikan bahwa kamu mengetahui tempat yang tepat untuk menyimpannya.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyimpan bawang goreng agar awet. Praktikkan di rumah ya! 

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Bawang Merah yang Tahan Lama dan Gak Gampang Busuk

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya