Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!

Gak sulit membuat sambal tahan lama kok

Sebagai masyarakat Indonesia memang biasanya sambal tak pernah terlewat dari perhatian. Aneka sambal pedas memang dapat memberikan sensasi terbiasa ketika mencicipinya. Tak heran bila kemudian sambal banyak menjadi pilihan lauk makan banyak orang.

Namun, bagaimana tips menyimpan sambal khususnya pada botol kemasan agar tetap awet? Untuk kamu yang tertarik untuk mengetahui apa saja tipsnya, berikut lima daftarnya.

1. Disarankan untuk memilih botol kaca

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!freshpreserving.com

Disarankan untukmu dalam memilih botol kaca apabila ingin menyimpan sambal. Cara ini dinilai lebih aman dan dapat membantu sambal untuk tetap awet. Kamu dapat mempersiapkan botol kaca dengan ukuran yang lebih ideal sesuai dengan porsi sambalmu.

2. Jangan lupa mensterilisasi botol kaca

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!thespruceeats.com

Penggunaan botol kaca tak bisa sembarangan. Kamu perlu sterilisasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa botol kaca tersebut aman dan telah bersih dari kotoran. Proses sterilisasi dapat dilakukan dengan merebusnya selama kurang lebih 30 menit saja. Nantinya, botol kaca pun siap untuk digunakan.

Baca Juga: 4 Aneka Resep Sambal Khas Manado, Nafsu Makan Langsung Naik!

3. Pastikan sambal dimasak hingga matang

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!mccormick.com

Selain berfokus pada media untuk menyimpan sambal, kamu juga harus fokus dengan sambal yang akan dibuat. Pastikan bahwa sambal tersebut telah dimasak hingga benar-benar matang. Sambal yang tidak terlalu matang justru hanya akan membuatnya cepat basi dan tak lezat.

4. Tambahkan lebih banyak minyak pada sambal

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!agrowindo.com

Proses pemasakan sambal biasanya menggunakan minta agar cita rasanya lebih lezat. Namun untuk mengawetkannya, kamu dapat menambahkan minyak sedikit lebih banyak. Hal ini untuk membantu agar sambal nantinya tetap awet dan memiliki cita rasa yang terjaga.

5. Suhu sambal mengikuti tempat penyimpanannya

5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!yonulis.com

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada saat akan menyimpan sambal. Apabila kamu menggunakan botol kaca, maka kamu dapat memasukannya ketika sambal masih panas. Sementara, apabila kamu memilih wadah plastik, maka diamkan sambal hingga dingin sebelum dimasukan.

Nah, tentunya tips di atas dapat membantumu dalam memudahkan penyimpanan sambal di rumah agar tetap awet dan terjaga cita rasanya. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Resep Sambal untuk Ayam Goreng, Rasanya Kawin Banget

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya