Comscore Tracker

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! 

Gak perlu khawatir deh ayam gorengnya jadi gagal

Ccita rasa gurih dan renyahnya ayam goreng membuat banyak orang cukup menggemari olahan yang satu ini. Namun, terkadang saat proses pembuatannya kita sering menemukan persoalan seperti ayam yang tidak matang sempurna.

Untuk kamu yang ingin mengolah menu ayam goreng, berikut lima tips membuatnya dengan mudah dan lezat! 

1. Suhu minyak

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! Youtube/Andrew W,

Suhu minyak dapat menjadi salah satu faktor mengapa ayam goreng buatanmu tidak matang merata. Oleh karena itu, kamu wajib memerhatikan hal yang satu ini. Suhu dari dari minyak haruslah panas sebelum kamu memasukkan ayam, namun besar dan kecilnya api harus disesuaikan. Bila ayam buatanmu ada di porsi sedikit, maka cukup gunakan api kecil, begitu sebaliknya. 

2. Besaran wajan

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! thekitchn.com

Setelah memastikan bahwa suhu yang digunakan telah tepat, maka hal selanjutnya yang patut diperhatikan adalah besaran wajan yang digunakan. Hal ini penting karena akan memengaruhi seberapa lama ayammu akan matang. Bila kamu menggunakan ayam dengan porsi kecil, cukup gunakan wajan kecil, begitu pun sebaliknya. Menggunakan wajan yang tidak sesuai dengan ukuran hanya akan memperlambat proses pematangan secara merata. 

Baca Juga: Tips Mudah Menggoreng Tofu ala Yummy, Dijamin Lembut dan Gak Hancur

3. Jika membeli ayam beku, maka segeralah letakkan di suhu ruang

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! exportersindia.com

Sering kali kita sering merasa kulit ayam dibagian ruang lebih cepat matang dari pada bagian dalamnya, khususnya bila membeli ayam beku di supermarket. Hal ini cukup umum terjadi pada saat proses pemasakan. Untuk menyiasatinya maka segeralah letakkan ayam beku pada suhu ruang untuk mencegah nantinya terlalu matang pada bagian luar. 

4. Tusuk ayam dengan garpu

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! keesong.com

Ini mungkin merupakan salah satu cara yang jarang terpikirkan, padahal dapat menjadi ide cerdas untuk memastikan ayam gorengmu matang secara merata. Caranya dengan cukup hanya menusuk bagian daging ayam dengan garpu. Tujuan dari cara ini adalah untuk memastikan minyak yang digunakan teresap dengan baik dan membuat ayam matang maksimal. Namun, jangan sampai tusukannya merusak daging ayam, ya. 

5. Disarankan menggunakan deep-fry

5 Tips agar Ayam Goreng Buatanmu Matang Sempurna, Yuk Coba! asianfoodnetwork.com

Satu hal yang patut diperhatikan saat menggoreng ayam adalah jangan irit dalam menggunakan minyak. Memang, minyak dapat menjadi penentu dari kematangan ayam. Bila menggunakan minyak terlalu sedikit, maka akan memberikan kemungkinan daging berdarah pada ayam goreng. Sebaliknya, disarankan menggunakan teknik deep-fry agar ayam dapat terendam dalam minyak dan membuatnya matang sempurna.

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu coba untuk mendapatkan ayam goreng yang matang sempurna. Yuk, dicoba!

Baca Juga: 8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Melulu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya