Comscore Tracker

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!

Lezat, sehat, dan praktis dibuat sendiri di rumah

Kaldu merupakan olahan bening yang biasa digunakan untuk aneka jenis masakan, salah satunya yang paling umum adalah sup. Biasanya banyak orang yang enggan repot dan cenderung memilih kaldu instan karena dianggap lebih praktis.

Padahal, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan hasil yang tak kalah lezat dan terpenting bebas dari penggunaan MSG. Apa saja cara-caranya? Yuk, cari tahu.

1. Pastikan semua bahan telah tercuci bersih

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!goodyfeed.com

Sama halnya dengan memasak olahan jenis apapun, kebersihan bahan-bahan makanan menjadi hal yang perlu dijaga. Oleh sebab itu, pastikan kamu telah membersihkan bahan-bahan makanan dengan benar dan telaten. Dengan begitu, maka olahan pun akan lebih higienis.

2. Rebus air dan masukan bahan-bahannya

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!culinaryhill.com

Pada proses awal, kamu dapat menggunakan api besar hingga air mendidih. Bila sudah, kecilkan api hingga sedang dan masukan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang bombai, daun salam, merica, dan thyme ke dalamnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan tulang yang akan direbus bersama-sama.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!

3. Bersihkan dari busa

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!thedailymeal.com

Biasanya selama proses perebusan akan mengeluarkan busa-busa dari tulang. Oleh sebab itu, kamu dapat menyendokkan busa-busa tersebut hingga hilang dan bersih. Pisahkan bagian busa-busa dari rebusan.

4. Masak kaldu kembali

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!seriouseats.com

Setelah dipisahkan dari busa-busa, kamu bisa memasaknya kembali. Namun, usahakan untuk tidak memasaknya hingga berbuih dan cukup menggunakan api sedang saja. Dengan begitu, maka kematangannya akan terjaga.

5. Saring kaldu

5 Cara Membuat Kaldu Sedap tanpa MSG, Aman untuk Dikonsumsi Semuanya!havebutterwilltravel.com

Setelah kaldu telah matang dengan sempurna, maka selanjutnya kamu dapat menyaring kaldu dengan saringan. Langkah ini akan membantu memisahkan antara kaldu yang siap dikonsumsi dan juga sisa-sisa bahan yang telah digunakan. Lakukan beberapa kali agar hasilnya benar-benar jernih.

Nah, ternyata memang tak sulit membuat kaldu tanpa MSG sendiri di rumah. Hasilnya lebih sedap dan sehat, deh. Tertantang membuatnya?

Baca Juga: Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amis

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya