Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!

Tidak perlu membeli panci atau wajan yang baru, deh

Banyak orang yang sulit menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini dan memutuskan untuk membeli wajan baru, padahal hal tersebut justru hanya akan membuang banyak biaya. Padahal dengan cara yang tepat justru panci dapat dibersihkan dan akan tampak seperti baru.

Untuk kamu yang sering menemukan permasalahan semacam ini, ada baiknya bila kamu memahami dan mempraktikkan cara yang tepat agar pantat wajan atau pancimu menjadi lebih bersih serta tampak seperti baru. Simak yuk!

1. Air soda

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!forbes.com

Air soda ternyata dinilai cukup ampuh menjadi bahan untuk menghilangkan kerak gosong pada pantat wajan, lho. Jadi, bila kamu merasa memiliki soda di rumah tentu jangan buru-buru di buang ya sebab dapat dimanfaatkan dalam membersihkan wajan yang gosong.

Cara atau langkah yang dilakukan juga dapat dikatakan sangat mudah sebab kamu hanya perlu mengalirkan atau membahas bagian pantat wajan yang berkerak dan biarkan selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, kamu dapat membersihkannya di bawang air mengalir dengan menggunakan spons cuci piring.

2. Minyak sayur

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!medicalnewstoday.com

Mungkin kamu bingung ketika mengetahui bahwa minyak sayur ternyata ampuh dalam membersihkan kerak pada wajan. Tentunya minyak tidak akan membuat bagian belakang wajan menjadi licin, justru dapat dikatakan cukup ampuh dalam menghilangkan bagian yang gosong.

Caranya bukan dengan membasuh bagian bawah wajan dengan minyak sayur, melainkan dengan cara meletakan bagian bawah wajan ke atas minyak sayur yang telah dipanaskan. Biarkan selama beberapa menit atau sekitar 15 menit, lalu mulailah membersihkan bagian bawahnya dengan spons hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: 6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!

3. Jeruk nipis

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!sydneymarkets.com.au

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan ini lah yang kemudian dipercaya oleh banyak orang dapat secara ampuh membantu menghilangkan pantat panci atau wajan yang gosong.

Namun, jeruk nipis saja belum mampu menghilangkan gosong pada panci begitu saja. Kamu tetap memerlukan beberapa bahan tambahan untuk menghilangkan kerak pada pantat wajan. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah air mendidih dan sabun pencuci piring. Kamu cukup hanya mencampurkan jeruk nipis dan sabun pencuci piring dan kemudian tuangkan itu semua ke dalam air mendidih.

Selanjutnya, letakkan bagian pantat panci atau wajan dan biarkan hingga semalaman. Kemudian, kamu dapat mulai membersihkan bagian keraknya dengan menggunakan spons.

4. Cuka

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!thekitchn.com

Tentu setiap rumah biasanya selalu memiliki cuka di dapur. Dari pada jarang digunakan dan hanya diletakkan begitu saja, tidak ada salahnya bila kamu memanfaatkan bahan tersebut untuk membantu menghilangkan noda dan kerak membandel pada pantat wajan. Cuka dapat digunakan hanya dengan disemprotkan atau dibalurkan pada bagian belakang wajan. Setelah itu, gunakanlah wol baja untuk menggosok bagian tersebut hingga benar-benar bersih.

5 Abu gosok

5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!alibaba.com

Cara yang satu ini dapat terbilang paling tradisional bila dibandingkan dengan cara lainnya. Memang bila dilihat dari bahan yang digunakan, beberapa rumah mungkin tidak memiliki abu gosok di rumah. Sebagai gantinya, kamu dapat membeli abu gosok di pasar untuk kemudian kamu gunakan.

Caranya cukup hanya dengan mencampurkan abu gosok dengan air sampai dengan menjadi pasta. Selanjutnya balurkan pasta abu gosok tersebut ke seluruh permukaan panci dan gosoklah dengan menggunakan sikat gigi atau sikat lainnya. Ulangi hal tersebut sampai bagian gosong pada pantat wajan bisa benar-benar hilang.

Nah, beberapa cara di atas dapat kamu coba dan disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang kamu miliki agar dapat memiliki kembali wajan yang bersih dan tampak seperti baru. Mudah untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga: Wajan Gosong? Ini 10 Cara Membuatnya Kembali Bersih dan Berkilap 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya