Comscore Tracker

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!

#IDNTimesFood Renyah dan lumer

Croissant merupakan sejenis pastry renyah yang sudah terkenal eksistensinya. Kue ini biasanya disajikan dengan kombinasi secangkir teh atau kopi panas. Namun, ternyata croissant dapat dikreasikan secara unik dengan perpaduan telur asin lumer di dalamnya.

Tentunya ini akan memberikan 'kejutan' pada saat mengonsumsinya. Sudah tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resepnya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!pastrieslikeapro.com

Bahan-bahan :

  • 3 telur asin bagian kuningnya saja
  • 70 gram mentega
  • 50 gram gula icing
  • 5 gram tepung jagung
  • 30 gram susu bubuk
  • 25 gram susu kelapa
  • 20 gram bubuk custard
  • 500 gram puff pastry beku

2. Merebus telur asin terlebih dahulu

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!guide.michelin.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merebus telur asin yang akan digunakan terlebih dahulu. Proses perebusan akan membantu melunakan bagian kuning telur yang ada di dalamnya. Dengan begitu, maka nantinya telur asin akan mudah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

3. Kombinasikan telur asin dengan bahan-bahan lain

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!seriouseats.com

Langkah selanjutnya adalah dengan mengombinasikan bagian kuning telur asin dengan gula icing dan mentega. Campurkan semua bahan hingga tercampur secara merata. Setelah memiliki konsistensi yang pas, kamu bisa mengambilnya menggunakan scoop dan diamkan sejenak.

Baca Juga: 5 Olahan Lezat Berbahan Roti Croissant, Bikin Perut Keroncongan!

4. Membuat adonan croissant dengan isian telur asin

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!ice.edu

Croissant yang sebagai bahan utama juga tak lupa dipersiapkan terlebih dahulu. Kamu bisa membuat croissant menggunakan adonan pastry beku. Pertama, taburi adonan pastry beku dengan tepung terigu, pipihkan dengan ketebalan 3 mm, potong adonan berbentuk segitiga. Setelah itu kamu bisa membentuk adonan menjadi croissant utuh dengan tambahan 1 scoop telur asin di dalamnya.

5. Panggang croissant

Resep Croissant Telur Asin yang Lumer, Bikin Gak Berhenti Nyicipin!unileverfoodsolutions.com.sg

Setelah semua cara telah selesai dilakukan, kamu bisa lanjut untuk memanggang croissant dengan tingkat panas sekitar 200 derajat celsius selama 15-20 menit. Proses pemanggangan dapat dilakukan hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu, croissant dapat disajikan dengan bagian kuning telur asin yang lumer.

Nah, ternyata proses pengolahan croissant telur asin saat mudah dan bisa jadi ide camilan terbaik untukmu. Tertarik mencoba membuatnya di rumah?

Baca Juga: 9 Bahan Wajib dalam Membuat Croissant Salmon Asap, Yuk Dicatat!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya