Comscore Tracker

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!

Semua orang pasti menyukai menu camilan yang satu ini

Olahan manis seperti donat rasanya sudah tak asing lagi bagi hampir semua orang. Sajian donat ini memang menyajikan cita rasa yang beragam, apalagi dengan topping-nya yang juga berbeda-beda.

Pemilihan menu donat yang tidak kalah lezat adalah donat kayu manis. Jenis donat ini termasuk yang cukup mudah dibuat dan tidak memakan waktu banyak. Untuk mencoba membuatnya di rumah, resep donat kayu manis berikut ini bisa kamu coba.

 

1. Bahan-bahan membuatnya

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!ilustrasi adonan (unsplash.com/@tferraby)

Bahan-bahan:

  • Baking spray
  • 2 wadah tepung terigu
  • 1 1/2 wadah gula
  • 2 sdt baking powder
  • 1sdt bubuk kayu manis
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur yang dikocok sekilas
  • 1 1/4 wadah susu
  • 2 sdm mentega unsalted yang dilelehkan
  • 2 sdt ekstrak vanila

Bahan-bahan untuk topping:

  • 8 sdm mentega unsalted
  • 1/2 wadah gula
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis

2. Membuat adonan donatnya terlebih dahulu

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!ilustrasi membuat adonan (theguardian.com)

Untuk memulai pembuatan menu donat ini, pertama-tama kamu dapat mempersiapkan mangkuk besar untuk mencampurkan bahan-bahan. Semua bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, baking powder, kayu manis, pala, dan garam pun kamu campurkan hingga merata.

Pada mangkuk kecil lainnya, kamu bisa mencampurkan telur, susu, lelehan mentega, dan ekstrak vanila. Campurkan antara bahan kering dan bahan basah ini agar tercampur secara merata.

Baca Juga: Resep Donat Kentang Simpel Topping Keju, Empuk dan Melting di Mulut

3. Membentuk donat dan memanggangnya

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!ilustrasi memanggang donat (unsplash.com/@anetvob)

Adonan yang sudah selesai pun tidak dapat langsung dipanggang, sebab harus didiamkan selama kurang lebih 2 jam hingga cukup mengembang. Jika sudah, barulah kamu dapat mengambil sedikit demi sedikit adonannya dan bentuklah hingga menjadi donat dengan bentuk yang sesuai.

Tatalah semua adonan donat ini pada loyang yang sudah disemprot menggunakan baking spray. Lalu, tidak lupa memanggangnya selama 17 menit hingga matang merata. Jika sudah, dinginkan pada suhu ruang selama 5 menit.

4. Membuat saus untuk topping untuk dibaluri pada donat

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!ilustrasi donat (unsplash.com/@heroin_cccc)

Tidak lengkap jika membuat donat tanpa menyediakan sausnya. Untuk pembuatan sausnya, kamu hanya perlu melelehkan 8 sdm mentega pada wajan. Jika sudah meleleh, maka tuangkan lelehan mentega tersebut pada mangkuk kecil berisi gula dan kayu manis.

Barulah setiap donat yang telah matang dapat dicelupkan pada campuran topping tersebut hingga merata. Diamkan pada suhu ruang agar topping tersebut meresap dengan sempurna.

5. Donat kayu manis siap disajikan

Resep Donat Kayu Manis dengan Tekstur Lembut, Wajib Disajikan!ilustrasi donat (unsplash.com/@sheri_silver)

Donat yang telah didiamkan pada suhu ruang dapat langsung kamu sajikan. Penyajiannya dapat langsung kamu nikmati sebab dengan campuran toppingnya saja sudah tetap menggugah selera.

Meski demikian, kamu juga bisa menambahkan aneka pilihan topping lain jika memang ingin menambah cita rasanya. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan selera masing-masing.

Proses pengolahan yang mudah tentunya dapat membantumu dalam membuat donat kayu manis ini sendiri di rumah. Cita rasanya manis rempah dan teksturnya yang lembut tentu menambah sensasi tersendiri. Donat favorit semua orang, nih!

Baca Juga: 5 Donat Bomboloni di Jakarta dengan Isian Melimpah, Barbar!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya