Comscore Tracker

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!

#IDNTimesFood Inspirasi pengolahan menu sayur yang berbeda

Roti menjadi makanan yang hampir semua orang pernah mencobanya. Meski roti banyak diidentikkan sebagai menu manis, faktanya sajian roti tak selalu menggunakan bahan-bahan manis. Kamu dapat membuat sajian roti savory yang justru menggunakan bahan sehat seperti sayuran.

Salah satunya adalah menu roti berbahan sayur kale yang satu ini. Teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang khas, tentu dapat membuat kamu untuk tetap mengonsumsi sayuran dalam tampilan yang berbeda. Ingin membuatnya juga? Coba bikin di rumah, yuk.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!marinmamacooks.com

Bahan-bahan:

  • 2,5 wadah tepung terigu
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 3 wadah sayur kale yang telah diiris halus
  • 1/2 wadah keju parmesan parut
  • 2 butir telur
  • 1/2 wadah minyak zaitun
  • 1 wadah greek yogurt tawar

2. Membuat adonan basah terlebih dahulu

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!thechicbrulee.com

Untuk langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat adonan basah terlebih dahulu. Siapkan wadah berisi telur, yogurt, dan minyak zaitun. Aduk semuanya hingga tercampur dengan merata dan kemudian kamu sisihkan.

3. Membuat adonan kering dan mencampurkannya dengan adonan basah

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!dirtylaundrykitchen.com

Untuk sisa bahan yang ada terkecuali keju, kamu dapat memasukkannya ke dalam wadah berbeda. Aduklah semua bahan kering hingga tercampur merata. Lalu, masukkan adonan kering ke dalam adonan basah dan aduklah hingga semuanya tercampur. Kamu dapat menyisihkannya sejenak untuk memanaskan oven.

Baca Juga: Resep Smoothie Kale Pisang, Kombinasi Sayuran dan Buah yang Sehat!

4. Tuangkan pada loyang dan panggang

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!dishnthekitchen.com

Kamu dapat menuangkan adonan pada loyang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ratakan adonan sebelum dimasukkan ke dalam oven agar nantinya dapat matang dengan merata.

Taburkan parutan keju parmesan dan masukkan ke dalam oven. Proses pemanggangan akan memakan waktu sekitar 45-55 menit hingga bagian dalamnya juga matang. 

5. Sajikan roti kale selagi hangat

Resep Roti Kale Lembut, Bikin Kamu Semakin Suka Makan Sayur!taste.com.au

Kamu dapat mendinginkannya sesaat setelah dikeluarkan dari oven. Baluri bagian atas roti kale dengan mentega hingga merata. Jika sudah, kamu dapat langsung menyajikan kue kale ini selagi hangat.

Membuat sajian sayuran ternyata dapat dilakukan dengan cara yang berbeda, salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi kue. Tentunya menu ini bisa dikonsumsi oleh siapa pun, termasuk yang tidak suka sayuran.

Baca Juga: Resep Keripik Kale Renyah, Camilan Lezat untuk Santai!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya