Comscore Tracker

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuh

Kuah yang autentik dengan sensasi hangatnya

Jepang menjadi salah satu negara dengan kuliner yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Dari berbagai menu menariknya, salah satu olahan yang cocok dinikmati pada musim dingin atau saat hujan adalah sup miso.

Sup ini termasuk jenis sup populer yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Bila ingin membuat sup miso tahu ala Jepang di rumah, yuk simak resep lengkapnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuhthespruceeats.com

Bahan-bahan:

  • 2 sendok teh dashi granula
  • 4 wadah air
  • 3 sendok makan pasta miso
  • 1 pack tahu putih
  • 2 buah daun bawang yang telah diiris

2. Memotong tahu berbentuk dadu

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuhhungryhuy.com

Penambahan tahu pada menu sup miso sebetulnya bersifat opsional. Tentu saja dengan penambahan tahu, maka isiannya jadi lebih lengkap dan lezat tentunya. Kamu bisa mencuci tahu terlebih dahulu di bawah air mengalir sebelum akhirnya memotong dengan potongan dadu.

Baca Juga: 5 Olahan Khas Korea yang Mirip dengan Olahan Jepang, Sering Ketukar!

3. Membuah kuah dari sup miso

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuhsteamykitchen.com

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memanaskan panci yang berisi air dengan suhu medium. Selanjutnya, tambahkan dashi granula ke dalamnya. Biarkan nantinya dashi ikut larut di dalam rebusan air. Selanjutnya, tambahkan pasta miso dan aduk hingga tercampur ke dalam rebusan kuahnya.

4. Tambahkan tahu dan daun bawang ke dalamnya

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuhchopstickchronicles.com

Tentu saja selanjutnya dapat kamu tambahkan potongan tahu berbentuk dadu dan irisan daun bawang ke dalamnya. Kamu bisa menambahkannya ketika air kuahnya sudah cukup mendidih. Biarkan termasak dengan maksimal. Bila sudah, matikan kompor dan sisihkan.

5. Sajikan sup miso

Resep Sup Miso Tahu Khas Jepang, Lezat dan Bisa Hangatkan Tubuhfoodnetwork.com

Pastinya sup miso akan jauh lebih nikmat bila dinikmati ketika masih berasap atau hangat. Kamu bisa menyajikannya sekitar dua hingga tiga menit setelah proses perebusan. Selanjutnya, menu sup miso pun dapat kamu sajikan, deh. Sebagai pelengkap, tambahkan nasi hangat, ya.

Sup miso dapat dijadikan inspirasi menu yang cocok dinikmati kala musim dingin dan hujan. Bikin hangat tubuh, yuk coba buat ini di rumah.

Baca Juga: Resep Membuat Hekeng Ayam Udang untuk Stok Frozen Food di Rumah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya