Comscore Tracker

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!

Populer disajikan sebagai pilihan menu rumahan

Korea Selatan dapat dikatakan sebagai negara dengan aneka olahan autentik di dalamnya. Salah satunya adalah menu lezat yang cocok disantap di musim dingin, yaitu miyeok guk. Menu ini merupakan olahan sup rumput laut yang biasa disajikan dengan daging sapi di dalamnya.

Saking populernya, hampir tak ada orang Korea yang tak mengenalnya. Penasaran ingin mencoba olahan sup ala drama Korea ini? Yuk, coba resepnya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!aeomasian.com

Bahan-bahan :

  • 15 gram rumput laut kering (bukan nori)
  • 120 gram daging sapi
  • 1/4 sendok teh garam
  • Lada hitam secukupnya
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 1/2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • 5 cangkir air

2. Mengolah bagian rumput laut

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!maangchi.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengolah bagian dari rumput laut. Caranya adalah dengan merendam rumput laut selama 5-10 menit. Setelah itu, kamu bisa mencucinya berulang kali hingga rumput laut benar-benar bersih total. Kamu juga bisa memotong-motongnya sesuai selera bila dirasa terlalu besar.

Baca Juga: 5 Makanan Korea Versi Indonesia, Rasa Lokal Juga Gak Kalah Enak, Lho!

3. Membumbui daging sapi

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!omahasteaks.com

Penggunaan daging sapi memang dimaksudkan untuk membuat olahan miyeok guk tampak lebih maksimal dan lezat. Kamu bisa mulai membumbui miyeok guk dengan cara menambahkan garam dan lada hitam. Aduk-aduk daging agar bumbunya teresap maksimal. 

4. Merebus semua bahan

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!inikpop.com

Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja pot berisi air yang siap dipanaskan terlebih dahulu selama 20 detik. Tambahkan daging, minyak wijen, dan rumput laut ke dalamnya. Lalu, kamu juga bisa mengaduk dan membiarkan dagingnya matang selama 2 menit.

Tambahkan kembali kecap asin, garam, dan bawang putih cincang ke dalamnya. Api yang digunakan adalah api medium dengan durasi 10-15 menit. Tambahkan garam atau lada bila rasanya belum pas.

5. Sajikan miyeok guk

Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!korea.net

Jika rebusan rumput laut telah matang, maka kamu bisa langsung menyajikannya. Biasanya miyeok guk akan disajikan di mangkuk khas Korea dengan tambahan nasi hangat. Jangan lupa menikmatinya selagi hangat agar sensasinya maksimal.

Nah, tentunya penyajian menu sup rumput laut menghasilkan cita rasa yang maksimal dengan sensasi rasa hangatnya. Bikin lapar gak, nih?

Baca Juga: 9 Sajian Banchan, Makanan Pendamping Nasi dalam Hidangan ala Korea

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya