Comscore Tracker

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayam

Pecinta kulit ayam krispi, mana suaranya?

Jika berbicara mengenai olahan ayam, tentunya pembahasan kuliner tentang bahan tersebut akan sangat luas cakupannya. Namun, satu hal yang terkadang sering terlewat adalah kulit ayam.

Seperti hewan pada umumnya, ayam juga memiliki kulit yang merupakan salah satu spot paling populer dan menjadi kegemaran bagi banyak orang. Teksturnya yang lembut dan kenyal berpadu dengan rempah-rempah lainnya, apalagi kulit ayam yang disajikan secara crispy.

Untuk kamu yang selama ini hanya sering mengonsumsinya saja, berikut lima fakta dan cara mengolah kulit ayam yang jarang orang ketahui! 

1. Kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayamkhaosodenglish.com

Tahukah kamu bahwa kandungan lemak tak jenuh yang ada pada kulit ayam ternyata memiliki kadar yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan lemak jenuh? Hal ini tentu saja membuat kulit ayam baik-baik saja bila dikonsumsi selama tidak berlebihan jumlahnya.

Selain itu, lemak tak jenuh juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah juga kolesterol. 

2. Kulit ayam sudah bercita rasa gurih

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayamsethlui.com

Apabila kita ingin menikmati olahan kulit ayam secara lezat dan sehat, akan lebih baik bila tidak menggunakan garam pada bahan tersebut. Kulit ayam sudah memiliki cita rasa yang gurih sehingga penambahan garam justru akan membuatnya semakin gurih. Perhatikanlah asupan garam agar tidak berlebihan jumlahnya. 

Baca Juga: 5 Resep Mudah Kreasi Kulit Ayam Goreng Krispi

3. Kulit ayam kampung jauh lebih sehat

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayamwashingtonpost.com

Untuk kalian para pecinta olahan yang terbuat dari kulit ayam, pastikan untuk memilih jenis ayam yang akan kamu konsumsi. Akan lebih baik untuk memilih kulit ayam kampung karena gizinya yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan kulit ayam broiler yang berlemak.

Walaupun berbeda jenis ayam, namun kualitas dan kandungan nutrisinya juga perlu diperhatikan. 

4. Cara pengolahan terbaik

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayaminsidescoopsf.sfgate.com

Tahukah kamu bila cara pengolahan terbaik dari kulit ayam adalah melalui proses perebusan seperti sup atau dikukus? Hal ini tentu saja jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan mengonsumsi kulit ayam yang digoreng, dipanggang, atau dibakar.

Meskipun mungkin rasanya tidak segurih dan senikmat digoreng secara renyah, namun kandungan nutrisinya saat direbus jauh lebih sehat lho. 

5. Gunakan tisu setelah menggoreng kulit ayam

Sering Diperebutkan, Ini 5 Fakta dan Cara Mengolah Kulit Ayamgorilao.com.br

Meskipun kulit ayam baik saat dikonsumsi dengan cara merebus dan mengukusnya, namun bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi kulit ayam goreng sama sekali. Asalkan tidak sering dan dalam jumlah yang wajar, kulit ayam goreng dapat kamu nikmati juga secara sehat dengan catatan menggunakan tisu setelah menggoreng. Hal ini agar sisa minyak yang digunakan dapat terserap dengan baik. 

Nah, 5 fakta dan cara mengolah kulit ayam di atas dapat menjadi informasi dan fakta menarik bagimu. Kamu suka kulit ayam? 

Baca Juga: Resep Membuat Tumis Ayam Kemangi ala Yummy, Enak dan Cepat Masaknya

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You