Comscore Tracker

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!

Bisa jadi ide minuman untuk menemani aktivitasmu, nih

Istilah infused water sebenarnya sudah bukan hal baru lagi. Istilah ini memang merujuk pada air putih yang direndam bersama dengan potongan buah, rempah herbal, ataupun aneka daun aromatik.

Biasanya infused water akan didiamkan beberapa saat di lemari pendingin sebelum dinikmati. Kesegarannya konon dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Namun, tahukah kamu bagaimana tips tepat dalam membuat infused water di rumah? Yuk, cari tahu.

1. Prioritaskan kebersihan

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!bobvila.com

Kebersihan tak hanya menjadi sebagian dari iman, namun juga kunci tepat dalam membuat aneka olahan apapun. Tak heran bila kamu juga perlu memerhatikan kebersihan selama membuat infused water, meskipun termasuk olahan yang sederhana. Pastikan untuk selalu mencuci bahan-bahan atau peralatan yang akan digunakan.

2. Tata cara memotong buah

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!oliversmarket.com

Memotong buah-buahan yang akan digunakan dalam infused water juga ada aturannya, lho. Pada beberapa buah yang besar seperti melon atau semangka, buang kulitnya dan potong berbentuk dadu. Sementara, buah berukuran kecil cukup dibagi dua dan dipisahkan dengan bijinya. Cara ini akan memastikan sarinya bisa keluar dengan maksimal ke dalam air.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Membuat Infused Water

3. Gunakan air bersuhu ruang

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!bonvitastyle.com

Pada awal pembuatan infused water, kamu dapat menggunakan air dengan suhu ruang saja. Alasannya adalah untuk menjaga tampilan dari infused water nantinya. Penggunaan air hangat justru akan membuat buah di dalamnya tampak lebih layu, meski sarinya lebih cepat keluar.

4. Pengonsumsian infused water berbahan buah dan rempah

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!itsnotcomplicatedrecipes.com

Ada sedikit perbedaan pada tata cara pengonsumsian untuk infused water yang menggunakan bahan buah dan rempah. Pada infused water berbahan buah, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun setelah dimasukan ke dalam lemari pendingin. Sementara, untuk infused water berbahan rempah sebaiknya didiamkan selama semalaman di lemari pendingin.

5. Konsumsi maksimal 8 jam

5 Tips Membuat Infused Water yang Tepat dan Berkhasiat, Sehat!fruitbouquets.com

Untuk infused water berbahan buah ternyata memiliki batasan waktu pengonsumsiannya. Disarankan untuk mengonsumsi dalam kurun waktu maksimal 8 jam. Hal ini karena memang pada beberapa buah, pengonsumsian melebihi batas waktu justru dapat mengubah cita rasanya.

Nah, ternyata memang ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat infused water sehingga tidaklah sembarangan agar khasiatnya juga lebih maksimal. Catat, ya!

Baca Juga: 5 Resep Infused Water Ini Bikin Kulit Semakin Glowing, Yuk Coba!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya