Comscore Tracker

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!

Semuanya bisa membuat camilan mudah di rumah

Keripik kentang merupakan camilan renyah yang hampir semua orang pernah mencicipinya. Biasanya sajian keripik kentang akan dicampurkan dengan berbagai pilihan bumbu untuk membuat cita rasanya semakin sedap.

Alih-alih membelinya secara instan, kamu bahkan dapat membuat menu keripik kentang sendiri di rumah. Untuk membuat hasilnya lebih maksimal, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Memotong kentang dengan slicer khusus

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!Ilustrasi kentang (unsplash.com/Stephanie McCabe)

Keripik kentang identik dengan bentuknya yang cenderung tipis. Kamu tentunya perlu memastikan bahwa kentang yang diiris telah cukup tipis untuk diolah.

Gunakan slicer atau pengiris khusus agar hasilnya tipis dan seragam antara satu irisan dengan irisan yang lainnya. Dengan begitu, maka kentang akan lebih renyah dan mudah matang.

2. Merendam irisan kentang di dalam cuka dan air garam

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!Ilustrasi kentang (pexels.com/Maël BALLAND)

Di dalam kentang biasanya terdapat sari pati atau bahkan getah yang dapat membuat gatal. Tentunya kamu perlu memastikan bahwa kentang iris yang akan diolah terbebas dari getal dan sari pati. Caranya adalah dengan memasukkan irisan kentang ke dalam air berisi campuran cuka dan air garam. Diamkan sejenak hingga nantinya dapat langsung kamu sisihkan.

Baca Juga: Resep Membuat Kentang Goreng Anak Kos yang Enak, Hemat Banget!

3. Meniriskan kentang terlebih dahulu

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!Ilustrasi kentang (pixabay. com/Counselling)

Sebelum kamu memulai untuk menggoreng irisan kentang, maka kamu dapat meniriskanya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan kain atau tisu dapur untuk meniriskan irisan kentang. Jika tidak segera ditiriskan, maka kamu kentang goreng pun akan memiliki tekstur yang cenderung lembek dan sulit kering.

4. Menggoreng saat suhu sudah panas

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!Ilustrasi kentang (pexels.com/Valeria Boltneva)

Kamu dapat mulai mempersiapkan wajan berisi minyak yang telah dipanaskan. Biasanya proses penggorengan ini menggunakan teknik deep-frying sehingga kematangannya akan merata.

Kamu dapat memanaskan minyak hingga nantinya bergelembung dan irisan kentang pun bisa langsung dimasukan ke dalam wajan untuk digoreng. Prosesnya bisa memakan waktu sekitar 3-4 menit hingga berwarna keemasan dan tekturnya berubah renyah.

5. Meniriskan keripik kentang sebelum disajikan

5 Tips Membuat Keripik Kentang yang Renyah, Garing Maksimal!Ilustrasi kentang (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Setelah proses penggorengan selesai, maka kamu dapat langsung menyisihkannya sejenak pada tisu dapur. Fungsi dari penirisan kentang adalah agar nantinya tak membuat kentang menjadi lembek karena terlalu banyak terbaluri minyak.

Kamu dapat membalur keripik kentang dengan beragam bumbu untuk membuatnya lebih lezat. Jika sudah, maka kamu dapat langsung memindahkannya pada wadah kedap udara agar kerenyahannya terjaga.

Melalui proses pembuatan keripik kentang di atas, maka kamu dapat menghasilkan camilan yang lezat dan mudah untuk dibuat. Semua orang jadi bisa bikin, deh!

Baca Juga: 5 Macam Kentang Goreng dengan Beragam Pendamping dan Rasa Nikmat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya