Comscore Tracker

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!

Tak perlu beli lagi deh yogurt di luar!

Bagi kamu yang mencintai produk olahan susu pasti sudah sangat familiar dengan yogurt. Ada beragam jenis yogurt dengan cita rasa yang berbeda-beda dan mudah ditemukan di berbagai gerai swalayan. Namun, jika kamu merasa bahwa cita rasa dari yogurt instan justru tidak cocok di lidah, maka kamu dapat mencoba membuat yogurt versimu sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tentunya.

Untuk kamu yang penasaran tips membuat yogurt sehat yang mudah, berikut lima daftarnya!

1. Gunakan bahan-bahan berkualitas

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!medicalnewstoday.com

Apabila kamu ingin mendapatkan cita rasa sekaligus kualitas rasa yang terbaik dari yogurt yang kamu olah, maka jangan menyepelekan kualitas dari bahan-bahan yang kamu gunakan. Pastikan kualitas dari susu masih segar dan penggunaan yogurt plain pun masih baru dan jauh dari tanggal kadaluarsanya.

Selain kamu, kamu dapat mempersiapkan bahan-bahan lain seperti madu, perasa vanila, strawberry, maupun buah-buahan yang akan kamu gunakan nanti.

2. Durasi dan suhu pemanasan susu

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!megaanswers.com

Seperti yang kita ketahui bahwa yogurt merupakan produk olahan susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi, tentunya hal ini juga memiliki korelasi pada proses pemasakan dari susu itu sendiri.

Pastikan kamu memanaskan susu selama 15-30 menit dengan suhu kurang lebih 70-80 derajat celcius guna untuk memastikan agar bakteri dalam susu dapat mati tanpa perlu berpengaruh pada kualitas gizi. Pastikan untuk mengaduk susu untuk mencegahnya menggumpal.

Baca Juga: 5 Manfaat Yogurt untuk Tubuh, Bisa Hilangkan Bau Mulut 

3. Gunakan takaran yang tepat

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!slovakcooking.com

Pada saat proses pemasakan susu yang dicampur dengan yogurt plain, ada baiknya apabila kamu memperhatikan konsistensi dari yogurt itu sendiri. Pada umumnya disarankan untuk menggunakan takaran dari yogurt plain sebesar 5-10% dari jumlah keseluruhan susu. Apabila kamu memasukkan yogurt plain lebih dari takaran tersebut maka akan dikhawatirkan konsistensi dari yogurt menjadi kental.

4. Pastikan campuran susu dan yoghurt plain masih hangat saat dituang pada toples

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!bustle.com

Setelah kamu memastikan bahwa pemasakan antara susu dan yogurt plain sudah berhasil dengan konsistensi yang tepat. Langkah selanjutnya adalah memasukkan campuran susu dan yogurt tersebut pada toples. Pastikan bahwa susu yang dituang sudah dalam keadaan hangat, dalam hal ini dimaksudkan bahwa suhunya tidak terlalu panas maupun dingin.

5. Gunakan toples kedap udara

5 Tips Membuat Yogurt Sehat dan Mudah, Gak Kalah Lezat Rasanya!carmyy.com

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk memaksimalkan cita rasa dari yogurt yang akan kita buah tentu saja membutuhkan proses fermentasi yang cukup. Pastikan untuk menggunakan toples yang kedap udara dan rapat guna melancarkan serta memberikan hasil yang maksimal pada yogurt yang akan kita olah.

Nah, lima tips membuat yogurt di atas dapat menjadi inspirasi menarik untukmu yang berminat mengolah yogurt sendiri di rumah. Tertarik membuatnya?

Baca Juga: Gak Cuma Yogurt, Ini 7 Makanan Terbaik yang Mengandung Probiotik Alami

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Just For You