Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezat

Cocok untuk dikonsumsi semua orang

Bagi orang Indonesia mungkin sudah cukup familiar dalam mengonsumsi jeroan atau organ yang berasal dari tubuh hewan. Biasanya jeroan yang sering kita konsumsi berasal dari jeroan sapi, kambing, maupun ayam.

Salah satu jeroan yang paling populer adalah hati. Umumnya kita mengonsumsi hati sapi yang memiliki kandungan manfaat baik didalamnya yang juga sering digunakan sebagai makanan untuk bayi saat MPASI. Namun, kita patut memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari hati sapi yang kita beli untuk menjaga manfaat dan kesehatan di dalamnya.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih hati sapi yang sehat untuk dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Perhatikan permukaan hati sapi

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezatneworientals.be

Hal pertama sebelum membeli hati sapi adalah memperhatikan permukaan dari hati, apakah terdapat sesuatu yang aneh atau tidak. Apabila kalian menemukan guratan putih pada permukaan hati sapi, maka dapat dikatakan bahwa hati tersebut telah terjangkit cacing sebab guratan putih tersebut merupakan lalu lintas dari cacing di dalam hati sapi.

Untuk memastikannya kamu dapat mencoba untuk memotongnya dan mengecek apakah terdapat cacing di dalamnya atau tidak.

2. Pilihlah hati sapi yang masih segar

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezatflickr.com/Fumiaki Yoshimatsu

Hal selanjutnya yang dapat kamu lihat adalah dengan memperhatikan kesegaran dari hati tersebut. Hati sapi yang masih segar memiliki warna merah terang yang merata khas seperti hati pada umumnya.

Tentunya pengecekan dari warna hati dapat kita lakukan secara langsung sehingga tidak disarankan untuk membeli hati sapi beku karena akan sulit untuk mengeceknya.

Baca Juga: 7 Makanan Berbahan Jeroan yang Nikmat Gak Ada Duanya, Bikin Nagih!

3. Tekan permukaan pada hati

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezatrawessentials.co.nz

Selanjutnya adalah konsistensi dari hati tersebut, pastikan bahwa tidak ada gumpalan pada hati sapi tersebut sehingga kita dapat memastikan bahwa hati tersebut dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh kita.

Oleh sebab itu, pilihlah hati sapi yang masih segar dan bukan beku karena akan cukup sulit mengecek permukaan dari hati sapi apabila dalam keadaan beku.

4. Cium aromanya

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezatgrowandbehold.com

Aroma dari hati sapi segar adalah beraroma khas dan segar, pastikan bahwa hati tidak beraroma amis, anyir, atau beraroma kuat lainnya karena ditakutkan ada zat-zat kimia didalamnya yang mempengaruhi aroma dari hati sapi. Pengecekan aroma dari hati sapi juga sangat dianjurkan pada hati sapi yang masih segar dan bukan pada hati sapi yang masih beku.

5. Ciri-ciri fisik hati sapi yang sehat

5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezatausnaturalfoodco.com

Ciri-ciri fisik yang dapat dikenali dari hati sapi yang sehat dan segar adalah dengan memperhatikan ujung permukaannya. Ujung permukaan dari hati sapi yang sehat dan segar adalah tipis dan juga tajam pada bagian ujungnya, sementara bagian ujung dari hati sapi yang tidak bagus adalah tumpul dan sedikit membengkak. Maka sangat terlihat perbedaan ciri utamanya.

Nah, 5 tips di atas dapat kamu coba saat membeli hati sapi agar dapat membedakan mana hati sapi yang sehat untuk dikonsumsi dan mana yang kurang baik untuk dikonsumsi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Ide Kuliner Jeroan Saat Hari Raya Kurban, Menggoyang Lidah!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You