Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!

Pencinta sajian berkecap wajib mencicipinya, nih

Kecap merupakan bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai hitam. Biasanya kecap memiliki beberapa pilihan, dari mulai kecap asin hingga kecap manis.

Jenis kecap manislah yang biasanya paling banyak digunakan dalam memasak karena cita rasanya yang manis untuk dikombinasikan bersama aneka sajian.

Kamu dapat mencoba beberapa tips berikut jika akan mengolah kecap menjadi beragam sajian.

1. Gunakan api kecil agar tak gosong

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!Ilustrasi memasak (unsplash.com/Dane Deaner)

Memasak memang memerlukan suhu yang tepat agar bumbu yang digunakan meresap dan kematangannya merata. Untuk proses pengolahan sajian yang menggunakan kecap, maka kamu dapat memilih api dengan suhu kecil saja. Alasannya agar masakan tak mudah gosong dan dapat meresap sempurna pada bahan makanan yang digunakan.

2. Masukan kecap sebagai bahan terakhir dalam pembuatan nasi atau mie goreng

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!ilustrasi memasak (freepik.com/senivpetro)

Pada penggunaan nasi atau mie goreng biasanya kecap manis sangat dibutuhkan untuk membuat hasil cita rasanya menjadi lebih maksimal.

Kamu dapat memasukan kecap manis terakhir ke dalam sajian setelah semuanya telah selesai. Alasannya adalah karena kecap memiliki sifat yang mudah terkaramelisasi sehingga dikhawatirkan akan mudah gosong bila dimasukkan duluan.

Baca Juga: Resep Orak-arik Tempe Kecap, Begini Cara Membuatnya yang Sedap 

3. Dahulukan kecap sebelum garam

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!Ilustrasi garam (pexels.com/LorenaMartinez)

Garam memang menjadi bahan dasar yang akan memengaruhi cita rasa dari masakan. Kamu tentu saja perlu mendahulukan kecap sebagai bahan utama dalam pembuatan aneka sajian.

Namun, penambahan garam bisa dilakukan setelah memasukkan kecap ke dalamnya. Alasannya adalah agar kamu dapat mengoreksi cita rasa dengan mudah karena kecap saja sudah mampu memberikan efek rasa yang lezat.

4. Memperhatikan takaran air dan kecap

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!Ilustrasi kecap manis (unsplash.com/photos/CarolineAttwood)

Untuk beberapa sajian berkuah yang menggunakan kecap sebagai bahannya, maka takaran menjadi hal utama yang perlu kamu perhatikan. Pastikan kamu telah menakar air dan kecap dengan tepat sehingga cita rasanya menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, maka sajianmu tak akan terlalu manis ataupun tawar.

5. Memilih kecap berkualitas baik

5 Tips Menggunakan Kecap pada Makanan, Bikin Cita Rasa Semakin Lezat!Kecap manis (pixabay.com/ANDRODYN)

Pemilihan kecap yang bagus tentu akan memberikan cita rasa yang maksimal pada sajian. Kamu juga harus menentukan jenis kecap yang tepat untuk membuat menu buatanmu menjadi lebih lezat. Kecap berkualitas baik biasanya memiliki warna hitam dan konsistensinya kental. Tentunya kecap jenis tersebut akan membuat cita rasa masakanmu menjadi lezat maksimal.

Penggunaan kecap yang tepat pada masakan tentunya akan membuat sajian olahanmu memiliki cita rasa yang pas. Kamu juga jadi tak perlu kebingungan dalam memadu padakan bahan-bahan yang digunakan, deh. Selamat mencoba di rumah!

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Kecap Madu yang Sederhana, Gak Perlu Alat Bakaran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya