Comscore Tracker

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama Korea

#MasakItuGampang Serasa di Korea, nih!

Kimbap, nasi dengan berbagai isian menjadi salah satu makanan paling populer dari Korea Selatan. Kalau kamu salah satu penggemar drama Korea, pasti gak asing dengan makanan satu ini. Ya, kimbap memang menjadi makanan favorit orang Korea karena sifatnya yang praktis namun bergizi lengkap.

Saat ini, tak sulit untuk membeli kimbap karena sajian ini banyak dijual di resto atau cafe makanan Korea yang bertebaran di kota-kota besar di Indonesia. Namun, kalau kamu ingin menghemat, gak ada salahnya untuk mencoba membuat kimbap sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat serta caranya juga simple banget, lho!

1. Apa itu kimbap?

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama KoreaKoreanbapsang.com

Kimbap merupakan makanan khas dari Korea Selatan berbentuk nasi dengan beragam topping yang digulung dengan rumput laut kering. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai bekal makan siang karena pembuatannya yang praktis dan punya nilai gizi yang lengkap.

Di Korea, ada beberapa jenis kimbap yang dijual sebagai street food khas, yaitu kimbap original, kimbap segitiga, dan mini kimbap. Kamu bisa menemukan kimbap di berbagai tempat, mulai dari vendor street food pinggir jalan, resto khas Korea, hingga minimarket.

2. Siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat kimbap

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama KoreaSwisshansik.wordpress.com

Untuk membuat kimbap dibutuhkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, timun, atau bayam. Kamu juga boleh menyiapkan isian daging sesuai seleramu. Kalau tak mau ribet memasak daging, kamu bisa juga mengganti dengan sosis atau tuna. Sesuaikan saja bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan.

Beberapa bahan yang bisa kamu siapkan adalah:

  • 1 buah wortel, kupas iris sebesar batang korek api
  • 2 buah telur
  • 2 ikat bayam
  • 2 buah sosis, potong memanjang
  • 1 piring nasi
  • acar lobak kuning (opsional)
  • 5 lembar rumput laut kering
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt garam

3. Yuk, mulai masak isian kimbap-mu

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama KoreaMaangchi.com

Setelah bahan-bahan untuk kimbap lengkap, sekarang saatnya kamu memasak bahan-bahan tersebut. Cara memasaknya juga gak sulit, lho! Yuk, langsung ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Campurkan 1 piring nasi hangat dengan 1/2 sdt garam dan 2 sdt minyak wijen, aduk hingga rata. Diamkan hingga nasi dingin.
  2. Untuk sayurannya, kamu bisa rebus bayam dan wortel dengan air yang sudah dicampur sedikit garam. Masak secara terpisah, usahakan jangan memasak sayuran terlalu lama agar tetap renyah.
  3. Pecahkan telur, kocok dan bumbui dengan sedikit garam dan merica. Masak adonan telur menjadi telur dadar.
  4. Setelah dingin, potong-potong telur secara memanjang sesuai dengan ukuran panjang rumput laut kering.
  5. Goreng sosis yang sudah dipotong memanjang, sisihkan.

4. Setelah semua siap, saatnya menggulung kimbap!

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama KoreaGajamos.wordpress.com

Setelah kamu menyiapkan isian untuk kimbap-mu, kamu bisa mulai menyusunnya.

  1. Letakkan nori diatas roll bambu (bila tidak ada bisa diganti dengan plastik), kemudian taruh nasi di atasnya. Ratakan nasi di atas nori hingga semua bagian tertutup, usahakan jangan terlalu banyak menaruh nasi agar mudah menggulungnya;
  2. Susunlah bahan-bahan yang sudah kamu siapkan sebelumnya, mulai dari sosis, sayuran, telur, hingga acar lobak kuning;
  3. Secara perlahan, gulung kimbap yang sudah kamu susun. Agar menyatu, pastikan kamu agak sedikit menekan kimbap buatanmu saat menggulungnya.
  4. Setelah tergulung, kamu bisa langsung potong kimbap agar mudah memakannya. Bisa juga tambahkan taburan biji wijen di atasnya bila suka.

5. Kimbap pun siap kamu santap!

Resep Mudah Buat Kimbap, Pas Dijadikan Teman Nonton Drama KoreaMagazine.seoulselection.com

Sudah tahu kan resep membuat kimbap yang lezat dan mudah dibuat? Terbukti kan kalau membuat kimbap enggak sesulit kelihatannya. Selain itu, kamu bisa sesuaikan isi kimbab dengan selera dan bahan-bahan yang ada. Jadi lebih praktis dan gak menguras kantong, deh. Selamat mencoba, ya!

Ulfa Luthfia Photo Verified Writer Ulfa Luthfia

music and art enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya