Comscore Tracker

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget Bikinnya

Bahan dan bumbunya juga mudah mencarinya

Sekarang ini seblak menjadi makanan favorit yang menjadi tren di Indonesia. Makanan asal tanah Sunda ini memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Seblak biasanya disajikan dalam keadaan basah berkuah yang di dalamnya ada campuran kerupuk, sayuran, mi yang kadang ditambah juga dengan ceker ayam.

Namun ternyata, selain disajikan dengan berkuah, seblak juga bisa dibuat menjadi keripik kering yang tak kalah menggoda selera. Seblak kering ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, dengan tekstur yang sangat crunchy. 

Seblak kering tentunya dapat disimpan lebih lama dengan masa penyimpanan hingga satu bulan dalam wadah tertutup dan cocok jadi cemilan. Untuk menikmati seblak kering ini, kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri loh. Yuk simak resep seblak kering pedas nan lezat ini.

1. Siapkan bahan dan bumbu

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget BikinnyaVini Krisdiani

Untuk membuat seblak kering, bumbu yang harus kamu siapkan sama sekali tak berbeda dengan bumbu untuk pembuatan seblak basah, untuk 1/4 kilogram kerupuk kamu hanya perlu menyiapkan berikut:

  • 1/4 kg kerupuk kanji mentah
  • 6 Siung bawang merah
  • 5 Siung bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • 15 buah cabai rawit
  • 1/2 SDM Garam

Untuk penambahan cabai rawit, kamu bisa tambah atau menguranginya sesuai selera. 

2. Haluskan bumbu

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget BikinnyaVini Krisdiani

Kemudian kamu bisa haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan kencur dengan menggunakan ulekan ataupun blender. Tidak seperti dalam pembuatan seblak basah, disarankan untuk tidak terlalu halus saat menghaluskan bumbu agar tekstur bumbu lebih terasa.

Baca Juga: 5 Kuliner di Malang yang Buka Sampai Malam, Jangan Takut Kelaparan!

3. Tumis bumbu hingga matang

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget BikinnyaVini Krisdiani

Kemudian tumis bumbu yang sudah halus dalam sedikit minyak dan api kecil. Tumis sampai bumbu terlihat matang yang ditandai dengan perubahan warna dan aroma wangi yang keluar. Pastikan bumbu benar-benar matang hingga agak kering, namun jangan sampai gosong. Saat penumisan kamu bisa tambahkan sedikit garam pada bumbu, Setelah bumbu matang kemudian sisihkan.

4. Sangrai kerupuk hingga setengah matang

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget BikinnyaVini Krisdiani

Tahap selanjutnya adalah menyangrai kerupuk kanji mentah hingga setengah matang. Kamu bisa gunakan sedikit minyak untuk mempermudah pemanasan merata, jangan gunakan terlalu banyak karena nanti kerupuk akan terlalu mengembang. Terus aduk-aduk kerupuk yang sedang disangrai hingga mendapat tekstur yang renyah. Proses ini dilakukan sekitar 15-30 menit.

5. Campurkan bumbu halus dan tambahkan garam

Ini Resep Seblak Kering Pedas yang Lezat, Mudah Banget BikinnyaVini Krisdiani

Setelah kerupuk mulai matang dan mendapatkan teksturnya, matikan api di kompor. Saat masih panas kamu bisa mulai sedikit demi sedikit memasukan bumbu yang tadi kamu tumis sambil terus diaduk, dan jangan lupa tambahkan juga garam dan penyedap rasa secukupnya. Terus aduk hingga bumbu dan garam benar-benar tersebar merata. Setelah itu tunggu hingga dingin dan kemas dalam wadah tertutup. Dan seblak kering siap dinikmati!.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You